Pakai Benang Mengkilap, Sepatu Bordir Kian Dilirik

 Sepatu bordir aneka motif dipajang agar memudahkan konsumen memilih motif yang disenangi. (MERAPI-SULISTYANTO)
Sepatu bordir aneka motif dipajang agar memudahkan konsumen memilih motif yang disenangi. (MERAPI-SULISTYANTO)

SERBUAN sepatu dari luar negeri cukup gencar. Meski demikian masih banyak juga warga merasa lebih bangga, jika memakai produk sepatu buatan Indonesia. Salah satu yang dapat dipilih, yaitu sepatu bordir.

Jenis sepatu mayoritas untuk wanita ini menggunakan jenis benang bordir berkualitas bagus serta mengkilap, sehingga menjadikan tampilan sepatu tampak lebih mengkilap. Tak kalah menarik lagi, harganya lebih terjangkau dibanding produk import (buatan luar negeri) dan kualitas produk tak bisa diragukan lagi. Sepatu dengan tampilan unik ini pun akan mendukung tampilan cantik baik dipakai sendiri atau dibuat untuk kado.

“Lem yang digunakan untuk semua sepatu bordir juga kuat. Saya sendiri sudah memakai sepatu bordir sekitar satu tahun, tak ada bagian yang dilem bisa lepas,” papar penggemar dan pemilik usaha penjualan sepatu bordir, Sri Wahyuni Retnosari kepada <I>Merapi<P>, kemarin.

Keunggulan lainnya, selain menggunakan lem kuat jenis sepatu ini juga menggunakan sol karet bukan sol spon. Lapisan dalam kain menggunakan kain katun, sehingga enak dan nyaman dipakai dalam berbagai kesempatan. Tak kalah penting ada beragam motif bordir, misalnya bertema bunga tulip, mawar, melati, padi, g-multi dan asmat. Setiap motif bisa lebih dari satu warna, misalnya hijau, biru, kuning, krem, pink dan cokelat.

“Ada juga beberapa konsumen senang dengan motif yang bordirnya tampak halus dan warna-warna netral,” urainya.

Ditemui di lokasi usaha sekaligus tempat tinggalnya Griya Prima Indah Jalan Godean Sleman ini menambahkan, ia banyak mendatangkan sepatu bordir dari produsennya langsung asal Jawa Timur. Ukuran sepatu bordir yang disediakan mulai ukuran 36 sampai 43 dengan harga rata-rata Rp 65.000 perpasang sepatu.

Sampai saat ini belum menyediakan sepatu bordir untuk anak-anak maupun pria dewasa. Suatu hal menggembirakan pula, beberapa konsumen yang datang ke toko tas Dowa menyeberang ke tempatnya untuk belanja sepatu bordir. Bahkan pernah ada juga wisatawan dari Malaysia, usai dari toko tas tersebut lalu datang ke tempatnya.

Soal perawatan sepatu, lanjut Retno, tak rumit. Ketika tampak kotor atau untuk menjaga kebersihan sepatu dapat dicuci secara berkala. Apalagi jika kehujanan, perlu segera dicuci agar terhindar dari air yang mengandung garam.

Untuk menyikatnya dapat menggunakan sikat gigi bekas. Penjemuran sebaiknya tak lama-lama ketika terkena sinar matahari langsung, agar warna sepatu tetap awet.

“Sebelum menggeluti bidang sepatu bordir yang dibantu adik saya, pernah juga saya jual-beli batik. Terutama cukup kulakan di pedagang asal Yogya, lalu banyak dipasarkan di Surabaya,” kenangnya.

Sebelum itu, pernah juga bekerja di suatu perusahaan swasta. Namun mengundurkan diri agar bisa lebih banyak merawat ibunya karena sudah lansia dan sering sakit. Guna mengisi waktu mencoba usaha jual beli batik, dalam perjalanannya memilih sepatu border aneka motif. Ia memberi nama usahanya tersebut, Citra Setia Asmara (CSA). (Yan)

 

Pin It on Pinterest

Read previous post:
Ibu-ibu Ikut Mendukung Satgas TMMD

GAMPING (MERAPI) - Kegiatan pekerjaan fisik TMMD Reguler ke-103 di wilayah Kodim 0732 Sleman, berupa pembuatan talud jalan, corblok, pembuatan

Close