Komunitas Kapal Cinta gelar pameran lukisan selama delapan hari di Studio Kalahan milik Heri Dono

- Sabtu, 26 November 2022 | 09:00 WIB
Foto bersama sebagian tamu undangan dengan perupa/keluarga besar Komunitas Kapal Cinta.  (Foto: Sulistyanto)
Foto bersama sebagian tamu undangan dengan perupa/keluarga besar Komunitas Kapal Cinta. (Foto: Sulistyanto)

 

HARIAN MERAPI – Komunitas Kapal Cinta pada 2019 silam pernah menggelar pameran lukisan di DKI Jakarta. Adanya pandemi Covid-19 menjadikan agenda rutin pameran tak bisa diselenggarkan.

Namun pada tahun ini Komunitas Kapal Cinta kembali menggelar pameran lukisan mengusung tajuk, “Berbunyi.” Lokasi pameran di Studio Kalahan milik seniman Heri Dono di Jalan Patukan, Ambarketawang, Gamping, Sleman, yakni mulai Sabtu sampai Sabtu (26/11 – 03/12/2022).

Salah satu keunikannya, pameran tersebut menampilkan sembilan perupa neurodivergent (penyandang keragaman syaraf/disabilitas) dan satu perupa tuna netra.

Baca Juga: Polres Sukoharjo sosialisasikan KTP digital kepada seluruh anggota sesuai kebijakan pemerintah

Prosesi pembukaan pameran lukisan dilaksanakan, Jumat (25/11/2022) petang ditandai dengan pemukulan gong di panggung oleh Presiden Direktur Ciputra Artpreneur, Rina Ciputra Sastrawinata.

Dalam waktu bersamaan, putri Alm. Dr KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur), Inayah Wulandari Wahid yang dikenal sebagai seniman/aktivis memainkan tifa (alat musik khas Indonesia bagian Timur) berada di selatannya Rina Ciputra S.

Sedangkan segenap tamu undangan, sebagian ada yang duduk maupun berdiri di depan panggung, kompak membunyikan othok-othok berbahan bambu (mainan tradisional).

Dalam sambutan pembukaan, Rina mengungkapkan, merasa terharu dan senang, pameran lukisan bersama Komunitas Kapal Cinta bisa kembali diselenggarakan.

Baca Juga: Horoskop peruntungan Shio Tikus sepekan mulai Minggu 27 November 2022, lebih banyak penggemar daripada musuh

“Dengan kegiatan seperti ini, semoga segenap peserta pameran semakin meningkat rasa percaya dirinya dan tumbuh terus karirnya dalam menekuni seni rupa,” papar Rina.

Halaman:

Editor: Hudono

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X