Film horor 'Inang' antara realita kehidupan dan mitos Rebo Wekasan...

- Rabu, 12 Oktober 2022 | 21:15 WIB
Salah satu adegan Wulan (Naysilla Mirdad) dalam film "Inang"  (IDN Pictures)
Salah satu adegan Wulan (Naysilla Mirdad) dalam film "Inang" (IDN Pictures)

 

HARIAN MERAPI - Seorang ibu akan rela melakukan segala hal, bahkan tindakan terburuk sekalipun demi kelangsungan hidup buah hati mereka.

Inilah kira-kira garis besar kisah yang dihadirkan dalam film horor thriller pertama sutradara Fajar Nugros, “Inang” yang akan resmi tayang di bioskop seluruh Indonesia pada 13 Oktober 2022.

Wulan (diperankan selebritas Naysilla Mirdad) dan Eva (Lydia Kandou) sama-sama berjuang untuk menyelamatkan putra mereka dari kekuatan jahat yang ingin mengambil alih kehidupan sang anak.

Baca Juga: AFC berkomitmen bantu PSSI bangkit usai tragedi Kanjuruhan

Ini sebuah realita kehidupan yang dibalut unsur mitos jawa Rabu Wekasan atau Rebo Wekasan. Ritual yang dikenal masyarakat Jawa itu biasanya dilakukan pada hari Rabu terakhir di Bulan Safar pada Kalender Hijriah.

Sebagian orang percaya, itu merupakan hari sial sehingga harus melakukan ritual agar terhindar dari kemalangan dan segala macam musibah atau cobaan. Ada berbagai versi mengenai sejarah lahirnya ritual ini, salah satunya tidak terlepas dari Keraton Mataram dengan Sultan Agung yang dulu pernah berkeraton di Pleret.

Ritual ini diselenggarakan sejak tahun 1600. Pada saat itu, terjadi wabah penyakit atau pagebluk sehingga masyarakat meyakini perlu melakukan ritual untuk menolak bala wabah penyakit ini dan Rebo Wekasan diadakan sebagai wujud doa.

Baca Juga: Kasus konten YouTube video horor, 19 orang telah diperiksa polisi

Sebenarnya, mitos dalam masyarakat di era hadirnya teknologi canggih masih lestari hingga kini. Ritual-ritual terkait mitos pun masih dilakukan sebagian orang di berbagai wilayah di Indonesia dan sebagian bahkan menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan mancanegara.

Halaman:

Editor: Widyo Suprayogi

Sumber: Antara

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X