• Senin, 23 Mei 2022

Tren Konser Musik 2022, Sangat Ditentukan oleh Situasi Pasca Libur Nataru

- Selasa, 28 Desember 2021 | 19:30 WIB
Ilustrasi konser musik.  (ANTARA/Foto oleh Thibault Trillet dari Pexels)
Ilustrasi konser musik. (ANTARA/Foto oleh Thibault Trillet dari Pexels)

 

JAKARTA, harianmerapi.com - Tren konser musik di Indonesia pada tahun depan sangat ditentukan oleh situasi pandemi pada Januari 2022, terutama setelah momen libur Natal dan Tahun Baru (Nataru).

Pengamat musik sekaligus Program Director M Bloc Space, Wendi Putranto, menyatakan, tahun depan semua promotor dan concert organizer itu masih berdebar-debar menunggu Januari pasca libur Nataru ini.

"Semuanya dengan sangat hati-hati, kita menunggu, nih, apa yang terjadi dua minggu pasca libur Nataru atau katakanlah sebulan,” kata Wendi saat dihubungi pada Selasa (28/12/2021).

Menurut Wendi, para promotor dan concert organizer masih mengantisipasi kemungkinan lonjakan kasus Covid-19 yang diprediksi akan muncul setelah Nataru, belajar dari pengalaman yang terjadi setelah libur Lebaran tahun ini. Terlebih, masih belum adanya ketidakpastian mengenai kasus varian Omicron pada tahun depan.

Baca Juga: Objek Wisata Pantai Gunungkidul Dikunjungi 48 Ribu Wisatawan pada Akhir Pekan Libur Natal 2021

Meski demikian, ia menilai bahwa konser offline atau secara langsung akan kembali menjadi pilhan bagi banyak penonton apabila pandemi melandai tahun depan.

“Sensasi menonton langsung itu menjadi yang paling utama oleh penonton, tak akan tergantikan. Secanggih apapun teknologinya tetap tidak bisa menggantikan sensasi menonton konser secara langsung,” ujarnya.

Hal senada juga dikatakan oleh musisi dan komposer Andi Rianto. Menurutnya, pengalaman menonton konser secara langsung tidak dapat tergantikan dibandingkan konser daring atau online. Ia juga menilai persentase konser offline pada tahun depan akan meningkat jika dibandingkan 2021.

“Memang belum 100 persen, orang masih ada ketakutan tentang pandemi ini. Tapi (secara garis besar) akan jauh lebih meningkat dari tahun ini, live concert,” ujar Andi.

Halaman:

Editor: Widyo Suprayogi

Sumber: Antara

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Apa Alasan Brian Hengkang dari Sheila On 7 ?

Selasa, 10 Mei 2022 | 23:01 WIB
X