• Kamis, 30 Juni 2022

Semua Karya Chossy Pratama Siap Dirilis di Digital Music Stores

- Jumat, 3 September 2021 | 06:23 WIB
Program rilis 600 lebih lagu karya Chossypratama di digital service providers untuk September 2021. (Istimewa)
Program rilis 600 lebih lagu karya Chossypratama di digital service providers untuk September 2021. (Istimewa)

JAKARTA, harianmerapi.com - Karya-karya musisi legendaris Chossy Pratama dari era 90-an hingga sekarang masih eksis mewarnai sinetron, film, dan dunia hiburan di Tanah Air. Seperti karya lagu Chossypratama yang jadi soundtrack Tersanjung The Movie, dan 1 Amin 2 Iman. Kedua film tersebut tayang di Netflix dan We TV.

Tentunya masih banyak karya-karya lagu Chossypratama yang belum pernah dirilis sama sekali. Guna mengobati kerinduan dan keinginan masyarakat, Chossy Pratama Production (CPP) siap meluncurkan 600 lebih lagu karya Chossypratama di digital music stores yang dirilis secara bertahap melalui program bulanan. Pada September 2021, ada 50 karya lagu Chossypratama yang akan dirilis di platform music digital tersebut.

Rulli Aryanto, Direktur CPP saat diwawancarai pada Kamis (2/9/2021) mengatakan, lagu-lagu karya Chossypratama dirilis di digital music stores untuk memenuhi kebutuhan pasar musik, dan lagu-lagu tersebut murni belum pernah dirilis di platform digital service provider tersebut, malah ada yang belum pernah dirilis sama sekalipun, dan dimanapun.

Baca Juga: Teddy Adhitya Rilis 'Semestinya', Pencarian Kembali Jati Diri yang Terlupakan

Seperti ditegaskan oleh Rulli Aryanto, soal sukses tidaknya lagu-lagu tersebut di toko musik digital, bersifat relatif. CPP hanya merasa bertanggung jawab untuk mengamankan copyright lagu-lagu tersebut sekaligus mendistribusikannya agar bisa dinikmati oleh para penggemarnya.

"Yang pasti, kita rilis master audionya, bukan bajakan seperti yang banyak digunakan orang untuk konten video, entah comot darimana," kata Rulli Aryanto, Music Entrepreneur yang ikut mengantar kesuksesan banyak penyanyi di Indonesia.

Menurut Rulli Aryanto, industri musik saat ini berubah total, baik di bidang produksi maupun distribusi. Tapi pola dan stategi marketing serta promosinya masih sama saja, hanya perlu sedikit modifikasi saja sesuai media yang digunakan.

Baca Juga: Mariani Oelong Beri Gambaran Makna yang Sederhana Lewat Video Musik 'Bercumbu'

Bagi Rulli Aryanto, industri musik saat ini lebih dinamis dan semua orang punya kesempatan yang sama untuk maju dan mengenalkan karya mereka, karena dunia digital adalah dunia tanpa batas jarak dan waktu.

"Digital ini kan hanya perubahan bentuk dari fisik ke non fisik. Lebih simpel dan secara produksi untuk distribusi murah yang pasti. Soal strateginya saya yakin masing-masing orang punya strategi sendiri. Tapi kalau dari kacamata saya saat ini, artis dituntut kerja ekstra untuk mampu me-marketing diri dan karyanya. Label musik saat ini tidak berandil sebesar era kaset dan CD," kata Rulli Aryanto.

Halaman:

Editor: Swasto Dayanto

Tags

Terkini

X