Hexanada Langganan Juara Festival Nasyid

MERAPI-ISTIMEWA Hexanada
MERAPI-ISTIMEWA
Hexanada

SEBAGIAN grup nasyid asal Yogyakarta, pada awal berdirinya rutin mengikuti lomba atau festival nasyid. Tak jarang meski sebagai new comer, bisa meraih juara. Hal ini pernah dialami grup nasyid akapela bernama Hexanada yang punya jargon Bersyiar Lewat Syair.

Menurut salah satu personil Hexanada, Ilham Nur Mukhammad, selama kisaran tiga tahun (pada 2016-2018), grupnya biasa langganan juara lomba ataupun festival nasyid. Lalu dalam perjalanannya, tak lagi ikut even lomba nasyid, baik dilaksanakan secara offline maupun online (saat ada pandemi Covid-19). Namun, pihaknya tetap berusaha bisa eksis dan menjaga kekompakan grup sampai saat ini.

“Seiring berjalannya waktu, salah satu hikmah langganan juara lomba nasyid, menjadikan kami semakin dikenal di masyarakat, se-hingga banyak pihak yang mengontak kami untuk menjadi entertain di beberapa acara,” jelas Ilham kepada Merapi, baru-baru ini.

Adapun acara-acara yang biasa disemarakkan Hexanada, seperti wedding (syuku-ran pernikahan), khitanan dan beberapa acara di kampus/ sekolah. Biasa juga menjadi guest star acara semarak Ramadan di TVRI Yogyakarta maupun di radio MQ FM. Sehingga sampai saat ini, pihaknya lebih fokus untuk mengisi acara dan menjadi entertain sembari menggaungkan nasyid untuk khalayak umum dari segala lapisan masyarakat.

Ditambahkan, Hexanada menyanyikan lagu-lagu nasyid dan musik positif dengan gaya aransemen yang mengikuti perkembangan zaman. Nama Hexanada diambil dari urutan penamaan Poligon, yakni ada istilah mono (satu), di (dua), tri tiga) dan seterusnya. Sehingga pihaknya mengambil kata hexa, karena personilnya berjumlah enam orang, lalu menambahkan kata nada, sebab dalam bermusik memainkan nada-nada.

“Enam personil Hexanada terdiri dari M. Subhan, Muh. Ghufron Nur R, Muh. Shidiq Abdul Hanif, Muh. Dimastra Thoriq, Fauzan Nur Akbar dan saya sendiri,” bebernya.

Sedangkan beberapa kejuaraan yang pernah disandang grup nasyid ini, misalnya Juara II Festival Nasyid Yogyakarta tingkat Nasional 2016 Kategori Akapela, Juara I Gebyar Nasyid DIY-Jateng 2016, Juara I Festival Nasyid DIY & Jateng 2017, Juara I Festival Musik Religi Yasika FM 2017, Juara 1 Nasional Kategori Akapela Festival Nasyid Yogyakarta 2017 dan Juara 1 Telkomsel Loop Ngabubuhits Kategori Nasyid & Qasidah 2018. (Yan)

Read previous post:
Cerita Bergambar W.A.S.P

Close