TUTUP PERINGATAN HARI JADI KULONPROGO – Ki Catur Benyek Kuncoro Usung Lakon Ngamarto Binangun

Acara penutupan peringatan Hari Jadi ke-69 Kulonprogo di TBK. (MERAPI-AMIN KUNTARI)

RANGKAIAN peringatan Hari Jadi ke-69 Kulonprogo resmi ditutup, Selasa (27/10/2020). Sebagai acara pungkasan, ditampilkan pagelaran wayang kulit di Auditorium Taman Budaya Kulonprogo (TBK) dengan dalang Ki Catur ‘Benyek’ Kuncoro lewat lakon Ngamarto Binangun.

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, pada peringatan Hari Jadi ke-69 Kulonprogo ini pagelaran wayang kulit ditampilkan secara live steaming. Para penonton bisa menikmati sajian acara melalui channel Youtube Dinas Kebudayaan Kulonprogo. Meski demikian, penampilan Dalang Ki Catur tetap terlihat jelas dan bisa dinikmati pecinta wayang dari rumah.

Bupati Kulonprogo, Sutedjo saat menyampaikan sambutannya mengatakan, peringatan Hari Jadi ke-69 ini dilaksanakan secara sederhana lantaran masih dalam masa pandemi Covid-19. Meski demikian, hal itu tidak mengurangi makna karena masyarakat tetap bisa mengikuti rangkaian acara secara live streaming.

“Kesederhanaan peringatan hari jadi ini menjadi momentum penting bagi kita untuk mengevaluasi berbagai program pembangunan yang sudah dijalankan. Kita juga perlu memikirkan dan merencanakan program-program pembangunan dalam segala aspek di masa yang akan datang untuk menuju Kulonprogo yang lebih baik, maju dan sejahtera,” kata Sutedjo.

Sutedjo kemudian mengajak semua pihak untuk bersinergi memaksimalkan kekuatan dalam mengatasi pandemi. Semua pihak harus bangkit menuju Kulonprogo yang lebih baik lagi.

“Melalui pagelaran wayang kulit sebagai penutup rangkaian kegiatan hari jadi, kita tunjukkan jati diri dan kebanggaan kita sebagai masyarakat yang memiliki seni dan budaya luhur,” ucapnya.

Sutedjo kemudian berpesan kepada OPD Kulonprogo untuk meningkatkan kerjasama dan sinergitas. OPD harus berkoordinasi, berkomunikasi, saling membantu dan bekerjasama seiring sejalan untuk mencapai satu tujuan bersama yakni Kulonprogo yang maju dan sejahtera.

Pada malam penutupan rangkaian kegiatan Hari Jadi ke-69 Kulonprogo hadir mantan Bupati Kulonprogo yang sekarang menjabat sebagai Kepala BKKBN, dr Hasto Wardoyo. Hasto bahkan menerima penghargaan atas jasa-jasanya selama menjabat sebagai Bupati Kulonprogo.

Selain itu, beberapa penghargaan juga diberikan kepada panewu dan lurah dengan pencapaian pelunasan PBB tertinggi, kepada pemenang lomba Gempar antar KWT, pemenang lomba monev kapasitas kapanewon serta penghargaan kepada seniman dan budayawan. Dalam kesempatan tersebut juga diluncurkan buku sejarah Siwates dan Sermo serta logo baru PDAM Tirta Binangun Kulonprogo. (Unt)

Read previous post:
Sang Adiwira Layak Disandang Sri Sultan HB II

Close