Disbud Sleman Selenggarakan Festival Sendratari 2020

MERAPI-ISTIMEWA
Salah satu penampilan peserta dalam Festival Sendratari 2020.

DINAS Kebudayaan Kabupaten Sleman menyelenggarakan kembali festival budaya. Kali ini dengan menggelar Festival Sendratri 2020 yang dilaksanakan di Gedung Kesenian Sleman, Beran, Tridadi, Sleman, Senin (14/9).
Kepala Dinas Kebudayaan kabupaten Sleman, HY Aji Wulantara menyampaikan, karena masih dalam masa tanggap darurat Covid-19, acara ini dilakukan secara live streaming lewat kanal You Tube Dinas Kebudayaan Sleman.

“Kegiatan ini dilaksanakan dengan menggunakan Dana Keistimewaan (Danais) DIY. Tujuan utamanya untuk menumbuh kembangkan seni budaya sekaligus memberikan hiburan kepada masyarakat melalui YouTube. Sasaran lain, agar masyarakat tidak jenuh di rumah pada masa pandemi Covid-19 yang masih dirasakan sampai saat ini,” ungkapnya.

Dijelaskan Aji, Festival Sendratari diikuti oleh 6 sanggar yakni Sanggar Tari Larassanti dari Jowahan Sumberagung Moyudan, Padepokan Sekar Djagad Mutihan Madurejo Prambanan, Sanggar Tari Kembang Sakura Mesan Sinduadi Mlati, Sanggar Tari Sekar Jaya Shree Balangan Wukirsari Cangkringan, Sanggar Seni Cindhe Wulung Kedung Sembungan Wukirsari Cangkringan serta Sanggar Cikrak Kina Jogja Plembangan Jogotirto Berbah.
Menurutnya, penyelenggaraan festival ini juga merupakan bagian dari upaya untuk melestarikan budaya karena Sleman mempunyai banyak sanggar tari. Sehingga kegiatan ini menjadi ajang supaya sanggar tari di Sleman tetap eksis. Di samping itu festival ini untuk mempersiapan Festival Sendratari tingkat DIY.

Berdasarkan hasil penilaian dewan juri, juara pertama diraih Sanggar Sekar Jagad Mutihan Madurejo Prambanan, juara dua Sanggar Tari Kembang Sakura Mesan Sinduadi Mlati Sleman dan juara tiga Sanggar Cikrak Kina Plembangan Jogotirto Berbah.
“Untuk peraih juara satu akan kita kirim mewakili kontingen Sleman untuk tampil dalam Festival Sendratari tingkat DIY,” pungkas Aji. (Awn)

Read previous post:
Kemenperin Dorong Sektor Industri Kembangkan Utilitas Guna Tingkatkan Ekonomi Nasional

SEKTOR industri manufaktur di tanah air menunjukkan geliat yang agresif di tengah tekanan dampak pandemi Covid-19. Hal ini tercermin dari

Close