RANGKUL PERUPA YOGYAKARTA; Rujiman Gelar Piknik Visual

GELIAT seni di Yogyakarta seakan terhenti karena pandemi Covid-19. Meski begitu, tak serta merta membuat kreativitas sang seniman ikut mandeg karenanya. Bahkan sebaliknya, di tengah sepinya aktivitas pameran dan kegiatan seni rupa, justru banyak melahirkan gagasan-gagasan baru dalam membaca situasi pandemi. Baik berupa pameran daring maupun kegiatan yang menggugah inspirasi.

Adalah Rujiman KOI, perupa yang terus produktif sampai saat ini menggagas kegiatan bernama ‘Piknik Visual’, Minggu 5 Juli 2020 lalu di Jembatan Edukasi Siluk, Imogiri . Piknik Visual adalah kegiatan melukis bersama dengan menggandeng sejumlah perupa Yogyakarta. Meski kegiatan dilakukan di alam terbuka dan mengumpulkan banyak seniman, Piknik Perupa tetap digelar dengan standar protokol kesehatan Covid-19.

“Kegiatan ini bertujuan untuk menjalin silaturahmi diantara perupa di Yogyakarta sekaligus menjadi ruang refreshing bagi seniman yang cukup lama tak beraktivitas di luar rumah. Namun begitu kami tetap mematuhi protokal kesehatan,” ujar Rujiman.

Rujiman Koi dan keluarga

Gelaran Piknik Visual yang digelar di Jembatan Edukasi Siluk, Selopamioro, Kecamatan Imogiri, Bantul ini, Rujiman dibantu perupa Kuart selaku pengelola Jembatan Edukasi Siluk, juga perupa Astuti Kusumo, Njedit, Yaksa Agus, Slamet, dan Safrudin M Sabar.
Untuk mensukseskan kegiatan ini, sebagai penyelenggara Rujiman KOI menyediakan kanvas dan konsumsi selama kegiatan berlangsung. Sedang peralatan melukis disiapkan sendiri oleh para peserta.

Sejumlah perupa muda sampai perupa senior ikut ambli bagian dalam Piknik Visual ini, diantaranya ada nama Putu Sutawijaya, Totok Buchori, Adin, Ateng, Nanang wijaya . Tak ketinggalan Yuswantoroadi, Yudi Riswanto, Sigit Handari, Astuti Kusumo, Lihar, Safrudin, Don Bosko, Laskar,  Ery wage S, Edi purwanto, Rismanto sepur, Mamik, Slamet, Agung Gunawan, Budi yonaf, Munawir, .Enosh Mujiran, Eksan, Agus Rianto, Kuart Kuat, Dwi Hariyanto, Ampun Sutrisno, Tarman, Ledek Sukadi, Bambang Heras, Sumadi, Tatiek Mudjiati, Sudarto Taruwongso (Darto Taru), Kondang Sugito, dan Godod Sutejo.

Rencananya hasil dari melukis bersama ini akan dipamerkan di tempat dan waktu yang akan ditentukan panitia. “Kami masih memikirkan waktu dan tempat dimana pameran hasil karya Piknik Visual ini akan dipamerkan, mengingat masih dalam situasi pandemi Covid-19 dan baru memasuki Normal Baru,” jelas Rujiman.

Dalam kesempatan itu Rujiman KOI juga memberikan satu lukisan berukuran 40×40 Cm kepada Anggota DPRD DIY, Joko Purnomo dan 2 ayam babon kepada salah satu perwakilan peserta.

Rujiman yang kelahiran Bantul 15 Februari 1975 ini menikah dengan Sri Hastuty Puji Lestari dan dikaruniai 3 putera, Ahmad Briguas Ikhsanudin, Altaf Nareswara, dan Arkana Arya Satya ini memang terbilang aktif berkesenian. Sejumlah kegiatan pameran diikutinya dari 2000 sampai 2005. Aktif mengikuti Festival Kesenian Yogyakarta, Beber Seni di Beteng Vredeburg, Jambore Senirupa Ancol Jakarta, dan sampai sekarang masih aktif mengikuti pameran kelompok baik tingkat nasional maupun internasional seperti Art Jakarta, Singapura, Hongkong, dan Korea. (Aja)

Read previous post:
Kartun Opini, Senin (6/7/2020)

Presiden Joko Widodo geregetan dengan kinerja para menterinya di tengah pandemi Covid-19. Ancaman reshuffle kabinet pun sempat diutarakannya. Kartun: Agoes

Close