BAHAGIA BERSAMA – Single Perkenalan Bariskata

MERAPI-SWADESTA ARIA WASESA Bariskata saat tampil di Jazz Mben Senen.
MERAPI-SWADESTA ARIA WASESA
Bariskata saat tampil di Jazz Mben Senen.

ENAM bulan usai terbentuk, Bariskata langsung memperkenalkan single mereka ke pendengar musik. Berjudul ‘Bahagia Bersama’, single ini merupakan jejak pertama unit pop Yogyakarta yang berisikan para musisi yang tidak asing lagi di panggung musik.  Kakung Triadmojo (vokal), Anshar Aziz (gitar), Basswara Wiwaswan (Bass), dan Fajar Alami (gitar) memilih lagu ini sebagai single lantaran dianggap mampu merepresentasikan musik dan nuansa yang akan mereka usung pada lagu-lagu berikutnya.

‘Bahagia Bersama’ juga ajakkan dari keempat personil Bariskata untuk merayakan dan merefleksikan keberagaman dalam realitas sosial lalu menggunakannya untuk mencapai sebuah tujuan yang lebih besar, yakni kemajuan, keharmonisan, dan kebahagiaan bersama. “Kami menuangkan gagasan dan kegelisahan mereka pada sebuah tajuk yang akan selalu faktual dimanapun kita berada; sebuah topik yang bisa mempersatukan atau pun memecah belah: perbedaan. Harapannya, rilisan perdana ini bisa memiliki tempat tersendiri di hati para pendengar,” terang Kakung.

Di proses rekaman, Bariskata berkolaborasi dengan Talcha Sultanik Hanalaneng pada drum, Vicki Unggul Bramantyo pada keyboard, Tutoet Daru Prakoso sebagai recording engineer, Sasi Kirono sebagai mixing engineer, dan Chris Graham sebagai mastering engineer.

Kolaborasi itu bentuk penekanan Bariskara bahwa rilisan ini tidak akan bisa tersaji dengan hanya mengandalkan kemampuan keempat personilnya. “Kolaborasi dan dukungan dari pihak-pihak lainlah yang menyempurnakan apa yang Bariskata coba sampaikan sebagai salam perkenalan ini,” sambung Kakung.

Sebagai single perkenalan, lagu ini punya formula baik. Aransemen musik kuat dengan bagian reffrain mudah diingat bakal mudah terkait di telinga para pendengar. Namun, yang jadi catatan adalah karakter vokal Kakung tak bisa terus dipaksa masuk dalam nuansa musik yang disajikan seperti di ‘Bahagia Bersama’. Cukup menarik menantikan bagaimana peningkatan musik dan lirik mereka dalam single berikutnya. (Des)

Read previous post:
KARTUN – 19 Oktober 2018

Close