DI PANGGUNG SENYAP FKY 30 – Niskala Debut Album ‘Hourglass’

MERAPI-DOKUMENTASI FKY Pengunjung menikmati musik di area Panggung Senyap FKY 30.
MERAPI-DOKUMENTASI FKY
Pengunjung menikmati musik di area Panggung Senyap FKY 30.

NISKALA, band instrumental/ post-rock/ alternative asal Yogyakarta ini akan mememperdengarkan materi debut albumnya yang berjudul ‘Hourglass’ untuk pertama kali secara intim di pagelaran Panggung Senyap FKY 30, Selasa (7/8/2018 ) lalu di Planet Pyramid.

Reka acara ini bertemakan ‘Hourglass Hearing Session’ yang memutarkan audio berisi 9 lagu penuh dari susunan materi album tersebut kepada para media (tamu undangan) dengan frekuensi radio fm yang digunakan di Panggung Senyap FKY.

Band yang dikendarai 5 personil ini terbentuk sejak Desember 2014. Materi dan konsep album ‘Hourglass’ telah digarap dan dikumpulkan selama 4 tahun sejak awal mula Niskala berdiri. Setelah mematangkannya dalam berbagai kesempatan panggung maka proses rekaman album ini dimulai pada Juli 2017 dan selesai pada Juni 2018.

alam pertunjukannya, Niskala berkolaborasi dengan para seniman visual dari lingkungan terdekat yang memang sebelumnya sering terlibat dalam proses kreatif penggarapan album ini, diantaranya adalah: Arief Indiarto, Handoyo Priyo, Ardityah, Nikolas Setiaji, Septa Bagonk, Putra ‘Vacancyvacancy’ dan Luis Alvarisi.

Niskala bermaksud mengenalkan lagu-lagu mereka ke para media terlebih dahulu sebelum akhirnya dilepas secara resmi ke pendengar yang lebih luas. Pemutaran album ‘Hourglass’ akan dilengkapi dengan penampilan karya visual dari para seniman yang terlibat, berupa video clip/ motion yang telah disiapkan secara khusus untuk merepresentasikan makna lagu demi lagu sesuai inteprestasi masing-masing seniman.

“Kami mungkin bukan pelopor di konsep mengundang dan melibatkan media dalam acara pre-release suatu album atau peluncuran sebuah karya seni. Namun kami berharap ini menjadi budaya baru untuk selalu bersahabat dekat dengan media online maupun offline, bagaimanapun merekelah yang menjadi jembatan karya musisi dengan penikmat. Kita tidak boleh putus hubungan dan sebaiknya selalu bekerja sama” ungkap Danish Wisnu Nugraha selaku penggagas acara dan juga sebagai koordinator Panggung Senyap FKY. (Aja)

Read previous post:
MERAPI-DOK FKY Pawai Mesemeleh FKY 30 digelar di Jalan Malioboro Yogyakarta, Selasa (7/8/2018)
Meriahnya Pawai Mesemeleh FKY 30 di Malioboro

FKY 30 kembali menggelar pawai dengan nama 'Pawai Mesemeleh' yang mengambil rute Lapangan Parkir Abu bakar Ali – Jalan Malioboro

Close