Mulyana dan Karyanya di ARTJOG 2018

MERAPI-DOKUMENTASI ARTJOG Mulyana merajut sebagai olah kreatif.
MERAPI-DOKUMENTASI ARTJOG
Mulyana merajut sebagai olah kreatif.

MULYANA, alumnus Pondok Pesantren Gontor dan Pendidikan Seni Rupa UPI Bandung, kelahiran Bandung 1984 ini menjadi Commissioned Artist  ARTJOG 2018 melalui karyanya berjudul ‘Sea Remembers’, tentang yang tak tampak dan luput dari amatan. Tentang segala sesuatu yang berada di bawah permukaan.

Dikutip dari katalog ARTJOG 2018, Mulyana lebih menyukai praktik seni yang berbentuk modular. Ia memilih merajut sebagai teknik berkeseniannya. Dalam pandangannya, merajut memiliki elemen reflektif dan kontemplatif. Merajut menuntut konsentrasi dari pikiran dan tubuh yang penuh.

Ketertarikan Mulyana pada dunia bawah laut melahirkan sebuah karya yang bakal menjadi ikon perhelatan ARTJOG 2018 nanti. Keanehan dan keajaiban yang disuguhkan oleh alam bawah laut menjadiinspirasi Mulyana untuk menghadirkan Gurita yang menyerupai monster namun hadir dengan aneka warna. Mulyana juga menghadirkan figur-figur lain dari bawah laut ermasuk habitat mahkluk bawah laut, seperti terumbu karang dan koral. Bentuk-bentuk ini telah dihadirkan Mulyana pada pameran tunggalnya berjudul ‘Mogus World’ di Bandung (2012) dan dikembangkan lagi pada karya selanjutnya berjudul ‘Imaginarium: Over The Ocean Under The Sea’ yang ditampilkan di Singapore Art Museum Singapura pada 2016 lalu.

Untuk mewujudkan karyanya sebagai Commissioned Artist ARTJOG 2018 yang biasanya memiliki wujud yang besar tentu menjadi sebuah tantangan tersendiri bagi seorang Mulyana. Untuk mewujudkan gagasanya itu, seluruh proses merajut yang dilakukan dengan tangan dan tanpa mesin, Mulyana mengajak dan melibatkan bantuan ibu-ibu di kampung Sorogenen. Ibu-ibu yang dikenal Mulyana saat ia mengadakan workshop merajut dan hingga kini merekalah yang terus mendukung dan membantu Mulyana bekerja.

“Ada 70 orang ibu dan beberapa bapak yang membantu mewujudkan karya saya dengan menghabiskan sekitar 5000 gulung benang,” ujar Mulyana yang sudah tiga tahun ini tinggal dan berkesenian di Yogyakarta. (Aja)

Read previous post:
MERAPI-KATALOG ARTJOG Karya Bakudapan Food Study Group di Artjog 2018
ARTJOG 2018 Hadirkan Karya 54 Perupa Indonesia dan Mancanegara

SEBANYAK 54 perupa, yang terdiri dari 45 perupa Indonesia dan 9 seniman mancanegara bagal unjuk karya dalam agenda seni kotemporer

Close