ARTJOG 2018 Hadirkan Karya 54 Perupa Indonesia dan Mancanegara

MERAPI-KATALOG ARTJOG Karya Bakudapan Food Study Group di Artjog 2018
MERAPI-KATALOG ARTJOG
Karya Bakudapan Food Study Group di Artjog 2018

SEBANYAK 54 perupa, yang terdiri dari 45 perupa Indonesia dan 9 seniman mancanegara bagal unjuk karya dalam agenda seni kotemporer tahunan, ARTJOG 2018 yang digelar di Jogja Nasional Museum (JNM) pada 4 Mei hingga 4 Juni yang akan datang.

Ke-54 perupa yang akan unjuk karya di ARTJOG 2018 ini merupakan hasil seleksi dari ribuan seniman yang mendaftarkan diri ke Artjog dan sebagian lagi adalah melalui undangan. Proses seleksi dilakukan dengan pertimbangan kecocokan terhadap konsep kuratorial, kebaruan gagasan, dan eksplorasi terhadap metode presentasi karya. Mulai dari karya dua dimensi, instalasi, patung, dan karya video.

Mengusung tema ‘Pencerahan – Menuju Berbagai Masa Depan (Enlightenment-Toward Various Futures), ARTJOG 2018 adalah sebuah tawaran dalam melihat kaitan tak terpisahkan antara eksperimentasi seni, sejarah seni dan resepsi seni. Dengan tema pencerahan kami ingin mengajak para seniman untuk menyatakan interaktivitas dan refleksi, yang etis dan yang estetis melalui revolusi (pembaruan) seni terbarukan. Melalui komunikasi seni, bidang keilmuan, sejarah seni, dan semangat ke-kontemporer-an itu sendiri. Demikian dijelaskan Directur ARTJOG, Heri Pemad dalam jumpa pers yang digelar di Artotel Yogyakarta, Kamis (26/4/2018) lalu.

Menurut kurator Artjog, Bambang ‘Toko’ Witjaksono, ARTJOG 2018 memilih Mulyana, sebagai Commission Artist, yang sepanjang tiga tahun terakhir ia hadir sebagai sosok seniman muda yang terus menerus menunjukkan potensi terbaiknya melalui seni kriya dan ketrampilan tangannya. Mulyono juga tak berhenti mengeksplorasi gagasan dan kemungkinan untuk apa yang ia kerjakan.

Di ARTJOG 2018 Mulyana akan menyuguhkan nuansa alam bawah laut pada halaman muka gedung JNM sebagai sebuah pendekatan yang segar terhadap tema even melalui karya yang berjudul ‘Sea Remembers’. Karya Mulyana berupa serangkaian rajutan berbentuk koral dan terumbu karang warna warni yang melekat pada kerangka paus, serta rajutan sekumpulan ikan berbentuk seperti ledakan yang dihasilkan oleh bom atom.

“Mulyana menghadirkan sebuah permenungan atas hal-hal yang kita takuti sebagai bentuk ketidaktahuan dan sekaligus mengajak kita menyelam lebih dalam, agar dapat memandang segala persoalan tidak hanya dari atas permukaan saja,” imbuh Ignatia Nilu, yang juga kurator ARTJOG 2018.

Sementara itu, Project Manager ARTJOG 2018, Gading Narenda Paksi menambahkan, sebagai sebuah peristiwa seni ARTJOG tidak ingin berhenti sebagai perhelatan seni rupa semata.  “Kali ini sesuatu yang spesial hadir untuk mengawali perhelatan akbar ini. Cerita anak, sebuah pertunjukan teater immersive kerjasama dengan Papermoon Puppet Theater (Indonesia) dan Polyglot Theatre (Australi) dipentaskan di Padepokan Seni Bagong Kussudiardja, Kamis 26 April 2018,” papar Gading.

Selain dari pada itu, selama helatan ARTJOG 2018 juga akan dihadirkan 83 penampil dengan berbagai bentuk kesenian seperti seni musik, seni pertunjukan, teater, dan seni tari yang akan tampil setiap hari.
Hadir pula Merchandise Project sebagai bentuk semangat untuk bergerak bersama para pekerja kreatif di Indonesia. “Ada sebanyak 79 institusi, komunitas dan seniman akan membuat dan memasarkan produk-produk kreatif mereka agar dapat menemui publik yang lebih luas lagi,” imbuh Gading.

Digelaran ARTJOG 2018 mendatang juga akan disematkan ‘Young Artist Award’, yakni sebuah penghargaan bagi seniman muda peserta ARTJOG terbaik yang berusia di bawah 33 tahun. “Program ini dirancang sebagai wujud apresiasi atas kiprah mereka dalam berkarya. Sekaligus sebagai upaya untuk menggali potensi dan wawasan seniman muda serta memperluas jaringan dan lintasan karir mereka dalam berkesenian,” pungkas Heri Pemad. (Aja)

Read previous post:
MERAPI-SAMENTO SIHONO Brigjen Pol Ahmad Dofiri saat cek pasukan Operasi Patuh Progo di halaman Polda DIY.
GELAR OPERASI PATUH PROGO 2018 SELAMA 2 MINGGU-Polda DIY Tak Pasang Target Tilang

DEPOK (MERAPI)- Polda DIY menggelar apel gelar pasukan Operasi Patuh Progo 2018, Kamis (26/4) di halaman Mapolda DIY. Operasi ini

Close