SENTIL MASUKNYA ISIS KE TKI – ABG dan BEM UJB Gelar Pentas Critbrol

Sutradara Critbrol, Yoyock Suryo (kanan) saat memberikan keterangan pers.Foto: Yusron Mustaqim
Sutradara Critbrol, Yoyock Suryo (kanan) saat memberikan keterangan pers. Foto: Yusron Mustaqim

ANCAMAN bahaya radikalisme di kalangan TKI dan mahasiswa menjadi topik menarik untuk diangkat menjadi sebuah pementasan. Untuk itu, Aliansi Bela Garuda (ABG) bekerja sama dengan Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Jana Badra (BEM UJB) Yogyakarta sengaja mengelar sandiwara humor cerita ngobrol (critbrol) di Auditorium KPH Soedarisman Poerwokoesoemo UJB Yogyakarta, Sabtu (6/1/2018) pukul 09.30.

“Dalam critbrol ini selain pentas humor juga ditampilkan kolaborasi musik, tari, teater dan talk show. Meskipun tema yang diangkat yakni “Ada ISIS di TKW Kita”, tetapi dengan balutan humor kami harapkan tetap bisa menghibur penonton, ” ungkap Sutradara Critbrol, Yoyock Suryo dalam jumpa pers di Angkringan Jomegatan Bantul, Selasa (2/1/2018).

Disebutkan, fakta menunjukkan beberapa TKI sudah dibaiat masuk ke jaringan ISIS bahkan beberapa sampai dideportasi negara tempat bekerja. Tetapi permasalahan tersebut sering luput dari pengamatan dan publikasi. Sehingga dengan pementasan tersebut akan membuka mata masyarakat dengan banyaknya masalah menimpa TKI Indonesia.

Selain menampilkan kolaborasi lintas seni, critbrol ini juga didukung gabungan sejumlah seniman mulai dari pemusik, penari, pelawak, pemain teater sampai perupa. Beberapa seniman yang terlibat seperti Aldo Iwak Kebo, Hargi Sundari, Herdina Trinil, Susanto Angsa, Yoyock Suryo, Sandra Bank dan Yuliana.

Bahkan pementasan ini akan dimeriahkan bintang tamu Soes Hindharno SH MH (Direktur Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Luar Negeri Kementerian Ketenagakerjaan RI), Agung Supriyono SH (Kepala Kesbangpol DIY) dan Siti Darojatul Aliyah (Peneliti Society Against Radicalism and Violent Extremism Jakarta).

Sementara Sekretaris ABG, Totok Ispurwanto menambahkan, pentas critbrol akan menampilkan humor segar di awal tahun 2018. Sebagai salah satu ormas kebilhinekaan, ABG konsen melawan radikalisme dan intoleransi.
“Salah satu yang bisa kami lakukan untuk melawan radikalisme dan intoleransi tersebut dengan pentas critbrol. Kaki sengaja melakukan lewat sebuah pementasan agar dapat diterima semua kalangan masyarakat dengan humor-humor segar,” tegas Totok. (C-5)

Read previous post:
ILUSTRASI
BUPATI KULONPROGO MINTA WARGA TAK TERPROVOKASI-Orang Gila Bakar 25 Alquran

PENGASIH (MERAPI)- Sebanyak 25 kitab suci Alquran di Masjid Al Iman, Dusun Siluwok, Tawangsari, Pengasih, Kulonprogo, dibakar orang tak dikenal,

Close