TARI LELANGEN MOCOPATAN – Siratkan Harapan Kemakmuran Rakyat

Tarian Lelangen Mocopatan dipentaskan di Kompleks Pemkab Kulonprogo
Tarian Lelangen Mocopatan dipentaskan di Kompleks Pemkab Kulonprogo

SEJUTA harapan mengiringi pelantikan Gubenur dan Wakil Gubernur DIY, Sri Sultan HB X dan KGPAA Paku Alam X. Kesejahteraan rakyat, kemakmuran ekonomi dalam kehidupan yang aman dan jauh dari marabahaya, menjadi mimpi masyarakat Yogyakarta seiring pelantikan pemimpinnya. Harapan-harapan tersebut disampaikan masyarakat dalam bentuk beragam, salah satunya lewat gerakan tarian.

Belum lama ini, para seniman dari Sanggar Ndawer Etnich Kulonprogo, membawakan Tarian Lelangen Mocopatan dalam acara lomba mocopatan di Halaman Kompleks Pemkab Kulonprogo. Melalui tarian tersebut, para seniman ingin mangayubagyo pelantikan Sri Sultan HB X dan Paku Alam X sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur DIY, sekaligus menyampaikan harapan agar masyarakat DIY semakin makmur dan sejahtera.

“Mereka adalah para seniman yang sudah sering terlibat dalam berbagai event di Kulonprogo sekaligus membantu capaian misi budaya Kulonprogo,” kata Sutradara Tarian Lelangen Mocopatan, Herida Damarwulan.

Melalui berbagai gerakan yang ditampilkan, para penari ingin menyampaikan pesan kepada para penonton. Para seniman ini bermaksud mangayubagyo pelantikan para pemimpin DIY, turut bersuka cita lantaran pemimpin mereka telah dilantik. Berbagai harapan akhirnya disampaikan seiring dengan gerakan tarian yang ditampilkan. Mereka berharap pelantikan Gubenur dan Wakil Gubernur DIY, Sri Sultan HB X dan KGPAA Paku Alam X membawa kehidupan yang semakin makmur dan sejahtera.(Unt)

Read previous post:
Album Gardika Gigih
Gardika Gigih Rilis ALbum ‘Nyala’

KOMPONIS muda Yogyakarta, Gardika Gigih, akhirnya merilis album penuh perdananya pertengahan November kemarin. Berisi 13 track, album bertajuk "Nyala" itu

Close