Tegakkan Perbup, Satpol PP Gelar Operasi Masker

MERAPI-GUNARWAN
Warga dihukum membaca Pancasila karena kedapatan tidak mengenakan masker. Sebelum akhirnya diberi masker.

PURWOREJO (MERAPI) – Satuan Polisi Pamong Praja Perlindungan Masyarakat dan Pemadam Kebakaran (Satpol PP Linmas dan Damkar) Kabupaten Purworejo menggelar operasi masker di tempat umum. Kegiatan ini sekaligus untuk menegakkan Peraturan Bupati (Perbup) Nomor 29 Tahun 2020 tentang penanganan covid-19 yang diantaranya mewajibkan masyarakat mengenakan masker saat berada di ruang publik.

“Warga yang melanggar bisa didenda maksimal Rp 50 ribu. Namun dalam sosialiasi ini pelanggar hanya dihukum untuk mengucapkan Pancasila maupun UU 1945, setelah sebelumnya diberi masker gratis,” kata Kepala Satpol PP Linmas dan Damkar Purworejo Budi Wibowo SSos MSi, Kamis (4/6).

Kegiatan ini digelar di dua tempat masing-masing di Jalan Mayjend Sutoyo depan Masjid Agung Darul Muttaqin, dan di Jalan Jend Urip Sumoharjo sisi timur Alun-alun besar Purworejo.

Operasi melibatkan jajaran Polres, TNI, BPBD, Dinas Perhubungan (Dishub) dan jajaran dinas instansi terkait lainnya. Diberlakukan terhadap warga masyarakat yang melintas di jalur itu dan tidak mengenakan masker.

“Sebenarnya masyarakat sudah tahu akan fungsi masker, tapi masih banyak yang enggan mengenakan. Terbukti saat diamankan, mereka juga membawa masker di saku maupun tas,” jelas Budi Wibowo.

Kegiatan ini lanjut Budi Wibowo akan terus dilakukan sepanjang masih dalam masa pandemi covid-19. (Gnr)

Read previous post:
Ada Potensi Terjadi Tiga Pelanggaran Pilkada

BANTUL (MERAPI) - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Bantul menyebutkan, tiga pelanggaran dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati 2020 berpotensi

Close