• Kamis, 23 September 2021

Ratusan Nakes Diisolasi Akibat Corona, RSPS Bantul Kewalahan

- Jumat, 23 Juli 2021 | 06:03 WIB
22nakes
22nakes

BANTUL (MERAPI)- Seorang tenaga kesehatan (nakes), Widodo Lestari yang bertugas di RSUD Panembahan Senopati (RSPS) Bantul meninggal dunia usai terpapar Covid-19. Pria 46 tahun itu merupakan salah satu dari 130 nakes RSPS lainnya yang kini juga tengah terpapar virus yang sama.
Kepala Subbag Hukum, Pemasaran dan Kemitraan RSPS Bantul Siti Rahayu Ningsih menjelaskan bahwa Widodo Lestari merupakan perawat yang bertugas di bangsal bedah. Korban terkonfirmasi positif Covid-19 dan sempat menjalani perawatan selama 10 hari di mana lima hari terakhir menjalani perawatan intensif di ICU. "Tapi Tuhan berkehendak lain, dan beliau wafat," ungkapnya, Kamis (22/7) siang.

Menurutnya, dalam perawatan intensif itu kondisi korban memburuk. Siti menjelaskan jika Wahyu Widodo mengidap penyakit penyerta atau komorbid. Selama ini dikatakannya, hanya ada satu nakes yang meninggal karena terpapar Covid-19 di RSPS. "Almarhum merupakan nakes pertama di Panembahan Senopati yang meninggal akibat terpapar Covid-19," ungkapnya.
Lebih jauh, Siti menyebut saat ini masih terdapat 130 nakes lainnya di RSPS yang terkonfirmasi positif Covid-19. Namun begitu sebagian di antaranya sudah pulih kembali. Sehingga bisa melanjutkan tugasnya di rumah sakit. "Yang terkonformasi positif harus menjalani isolasi mandiri. Tapi sudah ada yang sembuh dan kembali bekerja seperti biasa," sebutnya.

Banyaknya nakes di RSPS yang terpapar Covid-19 sangat berpengaruh terhadap pelayanan rumah sakit. Pihaknya menyebut kewalahan dalam memberikan pelayanan medis kepada pasien dengan banyaknya nakes yang harus isolasi. Belum lagi kondisi yang diperburuk dengan membludaknya kapasitas rumah sakit. "Ada seratus lebih nakes kita harus isolasi. Sementara jumlah pasien Covid-19 terus meningkat ditambah saat ini kami sudah over capacity," sebutnya.
Usai melepas jenazah Widodo Lestari, Bupati Bantul, Abdul Halim Muslih mengaku kehilangan. Di mana korban merupakan nakes yang meninggal setelah bersama berjuang melawan Covid-19. Terlebih, korban harus terpapar saat menjalankan tugasnya sebagai tenaga kesehatan yang melayani masyarakat Bantul. "Beliau ini memiliki dedikasi yang tinggi terhadap tugasnya, dan sudah melayani masyarakat di RSUD Panembahan Senopati cukup lama," ungkapnya. (C-1)

Editor: admin_merapi

Terkini

Korban Tenggelam di Palabuhanratu Masih Dicari Tim SAR

Rabu, 22 September 2021 | 06:04 WIB

Ditampar Suami 3 Kali, Istri Nekat Lapor Polisi

Selasa, 21 September 2021 | 22:21 WIB
X