• Kamis, 23 September 2021

6.000 Ekor Ayam Terselamatkan, 25 Sak Pakan Jadi Abu Usai Kandang Terbakar

- Kamis, 22 Juli 2021 | 08:21 WIB
21bakar
21bakar

PENGASIH (harianmerapi.com) - Sebuah kandang ayam milik Samsudin (39) di Padukuhan Klampis, Kalurahan Pengasih, Kapanewon Pengasih, Kulonprogo terbakar, Selasa (20/7) malam. Akibatnya, puluhan sak pakan ayam hangus dilalap api hingga pemilik mengalami kerugian puluhan juta rupiah.

Menurut keterangan, peristiwa ini bermula saat Samsudin dibantu dua rekannya menyalakan tungku pemanas kandang sekira pukul 18.00 WIB. Ada 11 tungku yang dinyalakan dengan menggunakan bahan bakar arang kayu dan arang briket.
"Tungku ini digunakan untuk memanaskan suhu kandang ayam potong. Di dalam kandang ada ayam 6.000 ekor yang masih berumur lima hari," kata Samsudin dalam laporannya kepada polisi.

Sekira pukul 20.30 WIB, ketiganya meninggalkan kandang ayam untuk menghadiri rapat persiapan penyembelihan hewan kurban. Namun sekembalinya dari rapat sekira pukul 24.00 WIB, mereka dikejutkan dengan kobaran api di kandang.
"Kami langsung meminta bantuan warga untuk memadamkan api dengan peralatan seadanya. Selain itu, petugas pemadam kebakaran juga kami hubungi," imbuh Samsudin.
Kasubbag Humas Polres Kulonprogo, Iptu I Nengah Jeffry menyampaikan, pihaknya telah menindaklanjuti laporan kebakaran kandang ayam di Padukuhan Klampis dengan melakukan olah TKP dan meminta keterangan saksi. Kuat dugaan, kobaran api muncul dari percikan bara arang yang jatuh dan mengenai serabut kelapa di bagian bawah.

"Api cepat membesar karena kandang ayam terbuat dari bambu," ucapnya.
Beruntung, petugas pemadam kebakaran bertindak cepat sehingga api berhasil dipadamkan dalam waktu singkat. Kobaran api hanya membakar sebagian kandang. Ribuan ekor ayam selamat, namun ada 25 sak pakan ayam yang ikut hangus terbakar.
"Akibat peristiwa ini, pemilik mengalami kerugian sekitar Rp 36 juta," kata Jeffry.(Unt)

Editor: admin_merapi

Terkini

Korban Tenggelam di Palabuhanratu Masih Dicari Tim SAR

Rabu, 22 September 2021 | 06:04 WIB

Ditampar Suami 3 Kali, Istri Nekat Lapor Polisi

Selasa, 21 September 2021 | 22:21 WIB
X