• Jumat, 19 Agustus 2022

Serang Polisi Pakai Balok, Pria Gangguan Jiwa Disuntik Obat Bius

- Minggu, 27 Juni 2021 | 20:27 WIB
27bius
27bius

GALUR (MERAPI) - Seorang penderita gangguan jiwa atau ODGJ membuat geger warga di sekitar Pasar Kliwon, Padukuhan IX Kranggan Kulon, Kranggan Galur, Kulonprogo. Ia tiba-tiba mengamuk melukai anggota polisi dan merusak mobil patroli hingga terpaksa disuntik obat bius.
Menurut keterangan, peristiwa yang terjadi Sabtu (26/6) itu bermula saat warga Kranggan meminta bantuan polisi untuk mengamankan ODGJ sekira pukul 07.00 WIB. Polisi kemudian menindaklanjuti dengan pengecekan ke lokasi, yakni di belakang Pasar Kliwon, Kranggan.
"Namun orang gangguan jiwa tersebut tidak dapat diatasi karena justru mengamuk dengan bersenjatakan balok kayu panjang," kata petugas Pawas Polsek Galur, Ipda Yuli Purwo Setyanto.

Dengan balok kayu itu, ODGJ memukul punggung anggota Polsek Galur, Aiptu Wahyu Gunawan hingga terluka. Ia juga memecahkan kaca mobil Mitsubishi Lancer (Bakcbone) Patroli Polsek Galur. Petugas penanganan pun ditambah.
"Ia kemudian dimasukkan ke dalam rumah dan disuntik obat bius oleh petugas Puskesmas Galur II. Selanjutnya, yang bersangkutan dibawa ke RS Ghrasia, Sleman," imbuhnya.
Belakangan diketahui, ODGJ tersebut adalah Prayitna (47), warga Kranggan Kulon, Galur. Ia memiliki riwayat penyakit gangguan jiwa menahun namun tidak mau minum obat enam bulan terakhir. Prayitna mengamuk saat hendak dibawa ke RS Ghrasia.

"Sikapnya semakin tak terkendali lantaran merasa takut dan phobia dengan polisi," kata Yuli.
Akibat peristiwa tersebut, seorang anggota polisi mengalami luka di bagian punggung sehingga harus mendapat perawatan medis. Sementara mobil patroli Polsek Galur yang dirusak mengalami retak kaca depan, pecah kaca pengemudi kanan kiri, serta pecah kaca penumpang kanan kiri dengan kerugian sekitar Rp 15 juta. (Unt)

Editor: admin_merapi

Terkini

Rumah kades di Sumut dibakar, ini pelakunya

Minggu, 14 Agustus 2022 | 06:30 WIB
X