• Jumat, 12 Agustus 2022

Polres Sukoharjo Tangkap Pelaku Perobekan Al Quran di Masjid Al Huda

- Kamis, 8 Oktober 2020 | 06:53 WIB

-
Kapolres Sukoharjo AKBP Bambang Yugo Pamungkas saat memberikan keterangan kasus perobekan Al Quran di Masjid Al Huda RT 002 RW 004 Desa Dalangan, Kecamatan Tawangsari. (Foo: Wahyu Imam Ibadi)

SUKOHARJO (MERAPI) - Aksi perobekan Al Quran terjadi di Masjid Al Huda RT 002 RW 004 Desa Dalangan, Kecamatan Tawangsari. Kasus tersebut telah ditangani Polres Sukoharjo dan berhasil menangkap satu orang pelaku ES (49) warga Desa Drono, Kecamatan Ngawen, Kabupaten Klate. Hasil pemeriksaan sementara dan keterangan pihak keluarga diketahui ES mengalami gangguan kejiwaan sejak lama. Untuk memastikannya Polres Sukoharjo masih menunggu hasil pemeriksaan terhadap ES oleh tim dokter pihak Rumah Sakit Jiwa Daerah (RSJD) Kota Solo.

Kapolres Sukoharjo AKBP Bambang Yugo Pamungkas, Rabu (7/10), mengatakan, kronologis kejadian bermula saat seorang takmir Masjid Al Huda RT 002 RW 004 Desa Dalangan, Kecamatan Tawangsari pada Selasa (6/10) sekitar pukul 04.00 WIB akan melaksanakan adzan Subuh. Saat datang takmir masjid tersebut kaget melihat Al Quran yang biasanya berada di atas mimbar masjid sudah dalam keadaan rusak dirobek dan berserakan di lantai tempat imam salat. Kejadian tersebut juga diketahui jamaah masjid saat datang untuk menunaikan salat Subuh. Oleh jamaah kemudian dilaporkan ke pengurus masjid.

Belasan orang jamaah yang datang ke masjid dan melihat perobekan Al Quran tetap membiarkan temuan seperti semula tanpa melakukan perubahan. Jamaah kemudian tetap menunaikan salat Subuh berjamaah dan setelah selesai baru melaporkan kejadian ke Kepala Desa Dalangan, Kecamatan Tawangsari Bagyo Slameto.

Pengurus masjid dan pihak desa sekitar pukul 05.30 WIB kemudian melaporkan kejadian perobekan Al Quran di Masjid Al Huda RT 002 RW 004 Desa Dalangan, Kecamatan Tawangsari ke Polsek Tawangsari. Kasus tersebut kemudian dilaporkan Polsek Tawangsari ke Polres Sukoharjo untuk ditindaklanjuti.

Halaman:

Editor: admin_merapi

Terkini

X