• Kamis, 29 September 2022

Sidang dugaan penggelapan barang bukti tas mewah: pertanyakan lokasi sidang, pengacara berharap vonis adil

- Rabu, 10 Agustus 2022 | 14:51 WIB
Sidang lanjutan kasus dugaan penggelapan barang bukti tas mewah di PN Sleman, Rabu (10/8/2022). (Foto: Samento Sihono)
Sidang lanjutan kasus dugaan penggelapan barang bukti tas mewah di PN Sleman, Rabu (10/8/2022). (Foto: Samento Sihono)


harianmerapi.com-Sidang kasus dugaan penggelapan barang bukti yang menyeret seorang warga Jakarta Barat, Devi Haosana kembali digelar di Pengadilan Negeri Sleman, Rabu (10/8/2022).

Dalam sidang dengan agenda tanggapan jaksa atas eksepsi terdakwa itu, pengacara kembali menyoroti lokasi persidangan yang dianggap tak sesuai.

Dalam sidang sebelumnya, pengacara terdakwa yakni Sandi Bataraya SH menyerahkan nota keberatan atau eksepsi. Sandi menyebut jika tuduhan penggelapan barang bukti tak bisa dibuktikan.

Di sisi lain, dia juga menyoroti dakwaan jaksa yang menurutnya tak cermat. Sebab, proses penyitaan barang bukti dilakukan di Jakarta, namun kenapa kasus ini disidangkan di Sleman.

Baca Juga: Jadi Korban Penipuan Sembako, Warga Karanggeneng Lapor ke Polres Boyolali

Dalam sidang dengan hakim Ketua Kun Triharyanto Wibowo SH MHum itu jaksa Arief Muda Darmanata SH tetap dengan tuntutannya jika sidang digelar di PN Sleman dengan dakwaan kasus penggelapan barang bukti.

Usai sidang, Sandi Barataya SH menjelaskan jika PN Sleman tak berwenang menggelar sidang ini. "Persidangan didasarkan bahwa domisili saksi di Jogja," ujarnya.

Dia menambahkan jika dalam dakwaan sebelumnya, jaksa memilih Sleman karena tempat tinggal saksi semua di Jogja, dan sekarang berubah berdasarkan tempat menyerahkan barang bukti yakni di Sleman.

"Kalau berdasarkan pasal penadah, berarti tempat barang diserahkan pertama kali dari pelaku ke penadah. Harusnya di Jakarta karena penyerahan di Jakarta," ujarnya.

Baca Juga: Penyidikan Kasus Penipuan Investasi Doni Salmanan Selesai, Polisi Segera Limpahkan ke Kejaksaan

Halaman:

Editor: Herbangun Pangarso Aji

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X