• Rabu, 17 Agustus 2022

Jelang Idul Adha, Pencuri di Sleman Gasak 8 Ekor Kambing: 3 Pelaku Ditangkap, Kambing Curian Belum Laku Dijual

- Jumat, 24 Juni 2022 | 12:39 WIB
Pelaku dan barang bukti diamankan di Polsek Gamping.  (Foto: Samento Sihono)
Pelaku dan barang bukti diamankan di Polsek Gamping. (Foto: Samento Sihono)


SLEMAN,harianmerapi.com-Menjelang Hari Raya Idul Adha, peternak sapi dan kambing harus lebih meningkatkan kewaspadaan. Pasalnya, pelaku pencurian sering kali gentayangan untuk menggasak hewan ternak.

Sepertihalnya yang terjadi di Kandang Kambing yang berada di Jalan Baru Gamol, Balecatur Gamping Sleman. Kandang itu disatroni maling dan membuat korban SF kehilangan 8 ekor kambing jenis gembel.

Kendati demikian, berkat gerak cepat Polsek Gamping, dipimpin Kanit Reskrim AKP Fendi Timur berhasil 3 orang tersangka. Petugas juga berhasil mengamankan barang bukti berupa 8 ekor kambing dan potongan rantai.

Baca Juga: Anak Kos Lupa Kunci Stang, Motor Dibawa Kabur Pencuri di Jogja, Untungnya Pelaku Terekam CCTV

"Kambing belum sempat dijual, baru ditawar-tawarkan di daerah Gunungkidul," kata Kapolsek Gamping Kompol B Muryanto, kepada wartawan, Jumat (24/6/2022).

Dijelaskan, tersangka yang diamankan yakni HM (37) warga Puluhan, Trimurti, Srandakan, Bantul, SM (45) warga Semanu Gunungkidul, dan SL (37) warga Balecatur Gamping. Terhadap pelaku saat ini dilakukan penahanan di Polsek Gamping.

Menurutnya, kasus itu berawal saat tersangka SL ini mengajak temannya untuk mencuri kambing milik korban. SL yang merupakan warga Gamping ini mengetahui kapan kondisi kandang tidak dijaga oleh penjaganya.

Ketiganya lantas merencanakan dan menyewa mobil untuk mencuri kambing-kambing tersebut. Setelah situasi aman, ketiganya beraksi dengan berbagi tugas, ada yang mematikan listrik, memotong rantai dan driver mobil.

Setelah kandang terbuka, tersangka kemudian memasukan kambing ke mobil satu per satu dengan cara digendong. Komplotan maling ini lantas meninggalkan lokasi dan menawar-nawarkan ke pembeli.

Baca Juga: Kepergok Penjaga Kebun, Pencuri Cabai di Turi Sleman Tewas Dibacok: Pelaku Remaja 17 Tahun

Halaman:

Editor: Herbangun Pangarso Aji

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Rumah kades di Sumut dibakar, ini pelakunya

Minggu, 14 Agustus 2022 | 06:30 WIB
X