Dikepung Warga, Pencuri di Gunungkidul Acungkan Parang, Polisi: Pelaku Mabuk Miras

- Jumat, 4 Februari 2022 | 12:26 WIB
Ilustrasi borgol (Dok harian merapi)
Ilustrasi borgol (Dok harian merapi)

GUNUNGKIDUL,harianmerapi.com-Aksi pencurian di warung yang dilakukan tersangka MA (25) warga Kapanewon Ngawen, Gunungkidul berhasil digagalkan warga Jumat (4/2/2022). Pelaku sempat mengancam warga memakai parang saat hendak ditangkap.

Kini tersangka ditahan unit Reskrim Polsek Ngawen setelah gagal beraksi di sebuah warung yang berada di Padukuhan Kampung Lor Kapanewon Ngawen. "Saat beraksi tersangka membawa senjata tajam untuk menakut-nakuti calon korban," kata Kanit Reskrim Polsek Ngawen, Aipda Berbudi Susilo Jumat (4/2/2022).

Dijelaskan, tersangka MA beraksi sekitar pukul 03.00 WIB. Tersangka yang merupakan warga Watusigar ini tertangkap basah sedang merusak pintu warung milik Suyana (45) warga Kampung Lor.

Baca Juga: Ngebut di Tikungan, Pengendara Motor Nabrak Mobil Hingga Tewas: Motor Melaju Tak Terkendali

Warga yang mengetahui aksi tersangka geram dan langsung mengepung seluruh bangunan warung untuk menangkap pria tersebut.

Saat ditangkap, tersangka sudah berhasil masuk warung dengan cara merusak pintu menggunakan senjata tajam berupa parang. Selanjutnya dia mengambil rokok dan mengacak-acak barang dagangan yang ada di dalam.

“Saat beraksi, tersangka dalam pengaruh minuman beralkohol,” imbuhnya. Dalam kondisi mabuk tersebut, dirinya membawa 2 parang untuk merusak pintu dan menakuti warga serta pemilik warung. Tersangka berhasil dibekuk setelah berusaha keluar dari warung.

Baca Juga: Kapolsek Ceramahi Anggota Geng Pelajar Pemilik Sekarung Sajam: Pikirkan Masa Depanmu, Sayangi Orangtua

Dia langsung disergap warga bersama petugas kepolisian Sektor Ngawen, Polres Gunungkidul meski sempat mengancam pakai parang.

“Proses hukum sudah kami lakukan dan tersangka kami jerat pasal 2 ayat 1 UU Darurat nomor 12 tahun 1951 dengan ancaman hukuman 10 tahun penjara dan pasal 363 KUHP ayat 5 jo pasal 53 dengan ancaman 9 tahun penjara," terangnya.*

Halaman:

Editor: Herbangun Pangarso Aji

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Gunung Anak Krakatau di Selat Sunda Kembali Erupsi

Kamis, 26 Januari 2023 | 08:00 WIB
X