• Sabtu, 10 Desember 2022

Setubuhi Pelajar Berdalih Obati Ilmu Hitam, Dukun Cabul di Kulon Progo Ditangkap: Terancam 15 Tahun Penjara

- Rabu, 12 Januari 2022 | 21:24 WIB
Tersangka dukun cabul saat diperiksa penyidik Polres Kulon Progo. (Foto: Amin Kuntari)
Tersangka dukun cabul saat diperiksa penyidik Polres Kulon Progo. (Foto: Amin Kuntari)

KULON PROGO,harianmerapi.com-Kasus perkosaan terhadap pelajar dengan berkedok menghilangkan ilmu hitam di wilayah Sentolo, Kulon Progo, memasuki babak baru. Petugas Sat Reskrim Polres Kulon Progo telah mengamankan dukun cabul dalam kasus tersebut yakni Barno (63) warga Banaran Lor, Sentolo.

Kasi Humas Polres Kulon Progo, Iptu I Nengah Jeffry menyampaikan, penangkapan Barno dilakukan setelah melalui serangkaian proses penyelidikan.

Di antaranya dengan meminta keterangan dari korban, orangtua korban dan rekan orangtua korban yang mengenalkan kepada pelaku.

Pria yang bekerja sebagai buruh tani itu dinilai melakukan pelanggaran Pasal 81 atau Pasal 82 Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak.

Baca Juga: Penampakan Baliho Besar Roboh Tutup Ruas Jalan Ringroad Utara Sleman Saat Hujan Deras

"Ancaman hukumannya maksimal 15 tahun penjara," tegas Jeffry, Rabu (12/1/2022).
Jeffry menguraikan, penangkapan Barno dilakukan di kediamannya yakni Banaran Lor, Sentolo, pada 10 Januari 2022 sekitar pukul 17.00 WIB. Sejumlah barang bukti yang turut diamankan yakni pakaian, kasur dan peralatan mandi.

"Hingga kini, yang bersangkutan masih diperiksa," ucapnya.
Diuraikan Jeffry, kasus persetubuhan terhadap anak di bawah umur berkedok pengobatan alternatif yang dilakukan Barno menimpa Bunga, gadis berusia 16 tahun warga Magelang Jawa Tengah. Kejadian bermula saat Bunga mengalami sakit pada Agustus 2021.

Ayah Bunga, SM (48) menyampaikan, istrinya berupaya mencari pengobatan demi kesembuhan Bunga. Sampai akhirnya, mereka dikenalkan salah satu kerabat kepada Barno.

Baca Juga: Tersangka Kasus Ayah Cabuli Anak Kandung di Bantul Ancam Korban, Curhat Kepada Ibu dan Kakak Tak Direspon

"Dia mengaku sebagai dukun yang bisa mengobati berbagai macam penyakit," kata SM.
Dalam proses pengobatan itu, Barno meyakinkan keluarga Bunga bahwa Bunga sakit karena terkena guna-guna yakni terdapat besi di dalam perutnya.

Halaman:

Editor: Herbangun Pangarso Aji

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Status Gunung Semeru naik ke level IV menjadi awas

Minggu, 4 Desember 2022 | 15:29 WIB
X