• Jumat, 19 Agustus 2022

Tipu Calon Suami, Janda Muda Raup Rp 376 Juta: Minta Uang untuk Biaya Pemakaman Ibu Ternyata Dipakai Beli HP

- Selasa, 14 Desember 2021 | 21:11 WIB
Tersangka janda muda saat diamankan petugas kepolisian Polres Bantul (FOTO: YUSRON MUSTAQIM)
Tersangka janda muda saat diamankan petugas kepolisian Polres Bantul (FOTO: YUSRON MUSTAQIM)

BANTUL,harianmerapi.com-Seorang janda muda, RA (22) warga Umbulharjo Kota Yogyakarta ditangkap aparat Polres Bantul di kos-kosannya. Penangkapan dilakukan setelah calon suaminya AS (31) warga Guwosari Pajangan Bantul ditipu tersangka dengan kerugian mencapai Rp 376 juta.

"Kasus penipuan ini sebelumnya dilaporkan di Polda DIY. Namun setelah kasusnya dilimpahkan ke Polres Bantul kami berhasil menangkap dan mengamankan pelaku," ujar Kasat Reskrim Polres Bantul, AKP Archye Nevadha SIK MH dalam konferensi pers di Mapolres Bantul, Selasa (14/12/2021).

Disebutkan, pada Juli 2021, korban AS yang bekerja sebagai chief kapal di luar negeri berkenalan dengan tersangka RA melalui media sosial Michat. Setelah itu keduanya saling bertukar nomor WhatsApp dan janjian ketemu di Yogya. Saat itu pelaku mengaku sebagai PNS.

Baca Juga: Mahasiswa di Solo Kena Tipu, Pajero Sport Seharga Rp 364 Juta Dibawa Kabur Pencuri

Setelah keduanya bertemu dan dalam pertemuan tersebut tersangka RA mengaku bekerja di Dinas Perindustrian dan Perdagangan DIY Jalan Kusumanegara Yogyakarta. Selain itu tersangka juga mengaku sedang kuliah di salah satu institute di Yogyakarta.

Dalam perjalanannya, antara AS dan RA pun menjalin hubungan pacaran. Bahkan RA bersedia dinikahi oleh AS untuk dijadikan istri. Saat tersangka RA datang ke rumah saksi, AS pernah mengenakan baju Korpri dan baju PNS warna coklat untuk meyakinkan korban.

Karena sudah akrab, tersangka RA pun meminta uang kepada AS dengan berbagai alasan di antaranya untuk membayar biaya pendaftaran rumah sakit di Magelang karena ibunya sakit. Namun belakangan RA mengabarkan ibunya meninggal dan meminta uang untuk biaya pemakaman.

Baca Juga: Begini Cara Anak Penyanyi Kondang Tipu 225 Orang dan Raup Uang Rp 9,7 Miliar

Tak hanya itu, RA juga meminta uang untuk biaya kuliah, membayar utang orang tuanya selepas ibunya meninggal dunia. "Selain itu tersangka juga menawarkan korban untuk bisnis kerjasama yang nantinya keuntungan akan dibagi berdua," ujar AKP Archye Nevadha.

Dikatakan, korban yang sudah terlanjur cinta kemudian menyerahkan uang secara bertahap sejak 21 Juli 2021 sampai 1 November 2021 mencapai Rp 376 juta dengan cara ditransfer dan sebagian diberikan secara tunai.

Halaman:

Editor: Herbangun Pangarso Aji

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Rumah kades di Sumut dibakar, ini pelakunya

Minggu, 14 Agustus 2022 | 06:30 WIB
X