• Sabtu, 29 Januari 2022

Dudung Dungu Tranding, Ini Pandangan Jenderal Dudung Soal Agama Sambil Singgung Taliban: Jangan Fanatik Sempit

- Senin, 6 Desember 2021 | 12:47 WIB
Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Dudung Abdurachman. (Foto: instagram @dudung_abdurachman)
Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Dudung Abdurachman. (Foto: instagram @dudung_abdurachman)

JAKARTA,harianmerapi.com-Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Dudung Abdurachman tranding di Twiter terkait ucapannya soal belajar agama yang dinilai tak pas. Jenderal Dudung menilai belajar agama tak perlu mendalam, jika tak didampingi guru yang ahli.

Usai tagar Dudung Dungu tranding dan viral, banyak netizen pun memberikan protes di akun instagram pribadi Jenderal Dudung.

Tak sedikit yang menghujatnya. Dalam podcast dengan Deddy Corbuzier beberapa waktu lalu, Jenderal Dudung pernah menjelaskan panjang lebar tentang konsepnya beragama.

Dia menyebut agar jangan terlalu fanatik sempit dalam beragama dan jangan menganggap agama lain lebih buruk.

Baca Juga: Tagar Dudung Dungu Tranding di Twitter, TNI AD Jelaskan Maksud KSAD Jenderal Dudung Soal Belajar Agama

"Di negara kita kan ada agama yang disahkan dan diakui pemerintah. Makanya jangan merasa agama kita paling benar dan sempurna. Semua agama baik," ujar Dudung.

Di menit 26 dalam podcast itu, Jenderal Dudung kemudian mencontohkan konflik di Afganistan yang kini dikuasai Taliban. Dia menyebut negara bisa hancur karena pengaruh dari dalam maupun dari luar. Untuk itu kita harus mewaspadai segala ancaman itu.

"Kemenangan Taliban tentu berpengaruh ke negara ain. Kita harus waspada, dalam beragama jangan terlalu fanatik sempit. Artinya berlebihan dan menganggap agama lain tak benar," ujarnya.

Sebelumnya, TNI AD langsung merespons kejadian ini. Kadispenad Brigjen TNI Tatang Subarna di Kantor Dispenad Jakarta, Senin (6/12/2021) menjelaskan jika maksud Jenderal Dudung tak seperti yang ditafsirkan.

Baca Juga: KSAD Dudung Abdurachman Ungkap Detik-detik Pencopotan Baliho Habib Rizieq: Jam 12 Malam Satpol Digruduk Massa

Halaman:

Editor: Herbangun Pangarso Aji

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X