• Sabtu, 29 Januari 2022

Kapal Kargo Pengangkut Pupuk Terbakar di Teluk Penyu Cilacap

- Rabu, 1 Desember 2021 | 10:47 WIB
Personel gabungan saat melakukan pemadaman terhadap kapal MT Sumantri Brodjonegoro yang mengalami kebakaran di sekitar Area 70, perairan Teluk Penyu, Cilacap, Rabu (1/12/2021).  (ANTARA/HO-Basarnas Cilacap)
Personel gabungan saat melakukan pemadaman terhadap kapal MT Sumantri Brodjonegoro yang mengalami kebakaran di sekitar Area 70, perairan Teluk Penyu, Cilacap, Rabu (1/12/2021). (ANTARA/HO-Basarnas Cilacap)

CILACAP, harianmerapi.com - Sebuah kapal kargo mengalami kebakaran di perairan Teluk Penyu Cilacap, Rabu (1/12/2021) pagi.

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Basarnas Cilacap I Nyoman Sidakarya mengatakan, pihaknya masih melakukan evakuasi terhadap seluruh anak buah kapal (ABK) dari Kapal MT Sumantri Brodjonegoro - PT PI Logistik yang mengalami kebakaran mesin tersebut.

"Hingga pukul 09.50 WIB, kami sudah mengevakuasi 21 orang dari total 26 ABK," katanya di Cilacap.

Baca Juga: Kemenkumham Usulkan Pemberian Tali Asih Bagi Keluarga Korban Meninggal Yang Menimpa Kapal Pengayoman IV

Menurut dia, lima ABK lainnya yang masih berada di dalam kapal saat sekarang sedang memantau upaya pemadaman.

Ia mengatakan berdasarkan keterangan dari ABK yang telah dievakuasi, kapal yang mengangkut pupuk PT Pupuk Sriwidjaja (Pusri) yang berada di sekitar Area 70 atau Dermaga Khusus Pertamina itu mengalami kebakaran pada pukul 07.15 WIB.

"Menurut keterangan ABK, titik apinya belum diketahui karena tiba-tiba muncul asap tebal," katanya.

Baca Juga: Sidang Perdana Munarman Digelar Secara Virtual, 300 Personel Pengamanan Tetap Dikerahkan

Selain Basarnas, kata Nyoman, upaya evakuasi ABK dan pemadaman kapal tersebut melibatkan personel Pangkalan TNI Angkatan Laut Cilacap, Satuan Polisi Perairan Kepolisian Resor Cilacap, Pertamina, Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Cilacap, serta pihak lainnya.*

Halaman:

Editor: Sutriono

Sumber: Antara

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X