• Minggu, 23 Januari 2022

Permohonan Praperadilan Dikabulkan, Pejabat Kulon Progo Batal Jadi Tersangka Korupsi Pembangunan GOR Cangkring

- Senin, 29 November 2021 | 23:14 WIB
GOR Cangkring, Wates Kulon Progo  (Foto: Amin Kuntari)
GOR Cangkring, Wates Kulon Progo (Foto: Amin Kuntari)

KULON PROGO, harianmerapi.com - Permohonan praperadilan kasus dugaan korupsi perencanaan dan pembangunan GOR Cangkring, Wates, Kulon Progo, dikabulkan majelis hakim dalam sidang yang digelar di PN Wates, Senin (29/11/2021). Dengan dikabulkannya permohonan praperadilan ini, maka penetapan status tersangka kepada pejabat Disdikpora Kulon Progo, Rusdi Suwarno oleh Kejaksaan Negeri (Kejari) Kulon Progo batal demi hukum.

Kuasa hukum Rusdi, Tuson Dwi Hariyanto menyampaikan, permohonan praperadilan diajukan pihaknya lantaran meyakini bahwa upaya penetapan tersangka oleh Kejari Kulon Progo tidak memenuhi unsur yang disangkakan kepada Rusdi Suwarno yakni penyalahgunaan wewenang dan memperkaya diri sendiri.

Dalam hal ini, Rusdi dinilainya tidak terbukti menyalahgunakan wewenang dan memperkaya diri sendiri.

"Permohonan praperadilan yang kami ajukan dikabulkan yang mulia. Berarti dengan dikabulkannya permohonan praperadilan ini penetapan status tersangka yang dilakukan Kejari Kulon Progo terhadap klien kami batal demi hukum," tegasnya.

Baca Juga: Pejabat Kulon Progo Tersangka Korupsi GOR Cangkring Ajukan Praperadian, Sebut Status Tersangka Terlalu Cepat

Setelah ini, lanjutnya, status Rusdi Suwarno bukan lagi menjadi tersangka kasus perencanaan dan pembangunan GOR Cangkring.

Seluruh rangkaian upaya yang dilakukan Kejari Kulon Progo pun batal demi hukum. Sebelumnya diberitakan proyek pembangunan GOR Cangkring, Wates, menuai persoalan.

Oknum pejabat Disdikpora Kulon Progo, Rusdi Suwarno ditetapkan sebagai tersangka kasus korupsi pada perencanaan dan pembangunan proyek tersebut.

Penetapan status tersangka terhadap RS sudah dilakukan Kejari Kulon Progo sejak 22 Oktober 2021. Selain RS, Kejari juga menetapkan status tersangka terhadap AN selalu penyedia jasa konsultasi.

Baca Juga: Dugaan Korupsi GOR Cangkring, JCW Berharap Kejari Telusuri Keterlibatan Pihak Lain

Halaman:

Editor: Herbangun Pangarso Aji

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Suami Bunuh Istri Gara-gara Korban Ingin Menikah Lagi

Jumat, 21 Januari 2022 | 16:23 WIB
X