• Selasa, 9 Agustus 2022

Perahu Tabrak Pemecah Ombak di Pantai Glagah, Nelayan Tewas Saat Hendak Melaut

- Rabu, 10 November 2021 | 21:24 WIB
Kondisi perahu nelayan terbalik di Pantai Glagah dan menewaskan nelayan. (FOTO: HUMAS POLRES KULONPROGO)
Kondisi perahu nelayan terbalik di Pantai Glagah dan menewaskan nelayan. (FOTO: HUMAS POLRES KULONPROGO)

KULON PROGO, harianmerapi.com - Dua nelayan Pantai Glagah, Santarjan (61) warga Cilacap Utara dan Sumardi Purwosentono (66) warga Glagah, Temon, menjadi korban keganasan ombak Pantai Glagah, Rabu (10/11/2021). Perahu yang ditumpangi keduanya terbalik saat berangkat melaut dan menewaskan salah satu nelayan atas nama Santarjan.

Peristiwa kecelakaan laut ini bermula saat Santarjan bersama Sumardi berangkat melaut dari kawasan Pelabuhan Tanjung Adikarta, sekira pukul 06.00 WIB. Keduanya berangkat menggunakan perahu jukung, dengan posisi Santarjan sebagai motoris dan Sumardi sebagai ABK.

"Namun saat berada di Muara Sungai Serang dan akan masuk ke laut, kapal tersebut tidak mampu melewati ombak besar sehingga terbalik," kata Aris Widiatmoko.

Baca Juga: Tabrakan Sudah 4 Hari Lalu, 2 Penumpang Kapal Motor Masih Belum Ditemukan, Tim SAR Pontianak Perluas Pencarian

Perahu dengan nama Senang Hati itu menghantam batu pemecah ombak hingga pecah. Mesin perahu bahkan lepas dan hilang. Sementara Santarjan dan Sumardi segera mendapat pertolongan rekan-rekannya sesama nelayan yang sudah terlebih dahulu masuk ke laut. Keduanya bahkan sempat dilarikan ke RS Rizki Amalia Temon.

"Namun salah satu nelayan atas nama Santarjan tidak tertolong. Ia meninggal dunia dengan luka terbuka pada dada, perut bagian atas dan perut bagian bawah," imbuh Aris.

Sementara nelayan atas nama Sumardi tidak mengalami luka. Jenazah Santarjan kemudian dibawa ke Cilacap untuk diserahkan kepada pihak keluarga.

"Agar peristiwa serupa tidak terulang, kami mengimbau agar nelayan yang hendak melaut memperhatikan kondisi ombak," pungkas Aris. *

 

 

Halaman:

Editor: Herbangun Pangarso Aji

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X