• Jumat, 22 Oktober 2021

Polda DIY Minta Warga Melapor Jika Merasa Diancam Atau Data Disebar Oleh Pengelola Pinjaman Online

- Rabu, 13 Oktober 2021 | 21:22 WIB
Kabid Humas Polda DIY Kombes Yuliyanto (Kiri) (Foto: Samento Sihono)
Kabid Humas Polda DIY Kombes Yuliyanto (Kiri) (Foto: Samento Sihono)


JOGJA,harianmerapi.com-Polda DIY mengimbau kepada warga agar tak segan melapor ke polisi jika menjadi korban pinjaman online ilegal. Misal diancam atau bahkan identitasnya disebar.

Kabid Humas Polda DIY, Kombes Pol Yuliyanto SIK, Rabu (13/10/2021) menjelaskan, pihaknya akan meneruskan instruksi Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, dengan menindak tegas penyelenggara pinjaman online ilegal.

Dengan demikian, Yuliyanto menghimbau kepada Masyarakat untuk segera melapor ke polisi terdekat. "Silahkan konsultasikan peristiwanya ke piket Reskrim yang ada di Polres Polsek maupun di Polda, agar jelas pidananya," tegasnya.

Baca Juga: Laksanakan Instruksi Kapolri, Polda DIY Siap Lindungi Warga dari Jerat Pinjol

Dia mengatakan, Kejahatan pinjaman online ilegal sangat merugikan masyarakat sehingga diperlukan langkah penanganan khusus. Bagaimana tidak, data diri korban bakal dimanfaatkan oleh pelaku kejahatan apabila telat membayar ataupun tidak bisa melunasi pinjamannya.

Polisi pun mempersilakan warga untuk melapor jika mendapati hal demikian. Dia mengatakan bahaya pinjaman onloine bisa membuat ornag depresi.

Dikatakan, seperti diketahui, hingga Oktober 2021, Polri tercatat menerima sebanyak 370 laporan polisi terkait kejahatan Pinjol ilegal. Dari jumlah itu, 91 di antaranya telah selesai, 278 proses penyelidikan dan tiga tahap penyidikan.

Baca Juga: Polri dan OJK Diminta Tindak Tegas Pinjol Ilegal, Resahkan Masyarakat

Diberitakan sebelumnya, Polda DIY akan meneruskan instruksi Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, dengan menindak tegas penyelenggara pinjaman online ilegal.

Alasanya, karena sangat merugikan masyarakat."Harus segera dilakukan penanganan untuk memberikan perlindungan kepada masyarakat," jelasnya.*

Halaman:

Editor: Herbangun Pangarso Aji

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X