Bobol Rumah Warga, Pencuri Ditangkap

Seorang pelaku pencurian dengan pemberatan, SS (26) saat menjalani pemeriksaan di Satreskrim Polresta Banyumas, Jawa Tengah. (Merapi-Antara)

PURWOKERTO (MERAPI) – Petugas Unit Operasional Satuan Reserse Kriminal Kepolisian Resor Kota Banyumas berhasil menangkap seorang pelaku pencurian dengan pemberatan yang beraksi di rumah warga Grumbul Ciroyom, Desa Cikembulan, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah.

“Pelaku berinisial SS (26), warga Pekuncen, Kabupaten Banyumas, berhasil kami amankan di wilayah Kecamatan Wangon, Banyumas, pada hari Kamis (4/3). Yang bersangkutan diketahui pernah menjalani hukuman atas kasus penipuan,” kata Kepala Polresta Banyumas Komisaris Besar Polisi M Firman L Hakim didampingi Kepala Satreskrim Komisaris Polisi Berry seperti dikutip Antara di Purwokerto, Banyumas, Jumat (5/3).

Menurut dia, aksi pencurian tersebut diketahui korban atas nama Winarno (27), warga Grumbul Ciroyom, Desa Cikembulan, Kecamatan Pekuncen, Banyumas, pada tanggal 30 Januari 2021. Saat itu, kata dia, korban terbangun dari tidurnya karena mendengar suara di depan rumah dan segera mengeceknya.

“Korban pun mengetahui pintu rumahnya dalam keadaan terbuka. Selanjutnya, korban mengecek keadaan rumahnya dan mendapati sejumlah barang miliknya telah hilang,” katanya.

Ia mengatakan barang-barang korban yang hilang di antaranya tiga unit telepon pintar dan satu unit sepeda motor Beat berpelat nomor R-4256-IJ.
Oleh karena itu, kata dia, korban selanjutnya melaporkan kejadian tersebut ke Kepolisian Sektor Pekuncen.

“Atas dasar laporan tersebut, Unit Reskrim Polsek Pekuncen dan Unit Opsnal Satreskrim Polresta Banyumas melakukan penyelidikan. Hingga akhirnya, kami dapat mengamankan SS pada hari Kamis (4/3) yang saat itu sedang berada di wilayah Wangon,” kata Kasatreskrim Kompol Berry menambahkan.

Menurut dia, pelaku beserta barang bukti saat ini telah diamankan di Mapolresta Banyumas guna penyidikan lebih lanjut.
Ia mengatakan berdasarkan hasil pemeriksaan, pelaku terlebih dahulu melakukan pemantauan terhadap rumah korban sebelum melancarkan aksinya.

Setelah situasi dirasa aman, kata dia, pelaku masuk ke rumah korban melalui jendela kamar mandi yang hanya diganjal dengan paku.
“Selanjutnya, pelaku masuk ke dalam rumah untuk mengambil barang-barang milik korban dan keluar lewat pintu depan,” katanya.

Dari hasil pengembangan, kata dia, pelaku mengaku pernah melakukan pencurian di lokasi lain dengan hasil berupa satu buah televisi 42 inchi dan satu unit telepon pintar.

Terkait dengan kasus pencurian dengan pemberatan tersebut, Kasatreskrim mengatakan pelaku bakal dijerat Pasal 363 KUHP dengan ancaman pidana penjara paling lama tujuh tahun. (*)

Read previous post:
Penggilingan Padi Terbakar

TEMANGGUNG (MERAPI) - Sebuah penggilingan padi milik Rofiq (63) warga Dusun Ngabean Rt 03 Rw 02 Desa Menggoro Kecamatan Tembarak

Close