Ganjel Mesin ATM, Dua Pencoleng Keruk Uang Ratusan Juta

MERAPI/Sukaryono Kedua tersangka Dar dan Uja.
MERAPI/Sukaryono
Kedua tersangka Dar dan Uja.

SEMARANG (MERAPI)- Dua orang penjahat spesial membobol uang nasabah dengan modus mengganjal mesin ATM, telah berhasil diringkus Resmob Sat Reskrim Polrestabes Semarang. Penyidik, Jumat(22/5) selain meringkus Dar (34)asal Cilacap dan Uja (42) asal Padeglang(Jabar), juga menyita barang bukti, di antaranya mobil Avanza, 5 ponsel, beberapa plat mobil asli maupun palsu, belasan kartu ATM, sejumlah tusuk gigi dan batang korek serta uang tunai tidak kurang Rp 10 juta.

Hal itu diungkapkan Kapolrestabes Semarang Kombes Pol Auliansyah Lubis pada gelar kasus, Jumat sore. Ia menjelaskan ulah kedua pelaku membobol mesin ATM itu cukup meresahkan. Modusnya, terlebih dulu pelaku mengganjal mesin ATM dengan tusuk gigi atau potongan tangkai korek api. Kemudian, bila ada nasabah suatu bank mau mengambil uang lewat mesin ATM tersebut kebingungan karena kartu ATM tertelan.

Di tengah nasabah kebingungan, lalu muncul kedua pelaku berlagak menolong. Pelaku menghadapi korban dalam keadaan panik berpura pura tanya Pin.Dan, korban tanpa sadar memberitahu. Setelah mengetahui nomor PIN, lalu pergi meninggalkan korban. Pelaku kembali ke mesin ATM setelah korban pergi. Pelaku dengan menggunakan alat gergaji besi mengambil kartu ATM korban, lalu dimanfaatkannya untuk menguras tabungan korban.

Kedua pelaku yang beroperasi menggunakan mobil rental yang untuk menghilangkan jejak plat nomornya diganti-ganti sejak Januari hingga Mei 2020 telah membobol 18 mesin ATM dengan mengeruk uang ratusan juta rupiah. Merekabberdua tertangkap ketika mencari sasaran di jalan Puri Anjasmoro, Semarang. Dimungkinkan mereka juga beraksi di luar Semarang Kasus ini terus dikemmbangkan.(Sky)

Read previous post:
Penasaran Lomba Mancing di Telaga

TONG seorang ahli mancing. Ia begitu mahir soal mancing ikan di telaga. Semua telaga di Gunungkidul sudah didatanginya, sehingga karakter

Close