3 PELAKU DIBEKUK DI TEMPAT TERPISAH – Bius Penambang Pasir, Sindikat Pencuri Gondhol Truk

Tersangka pencurian truk saat digelandang dan dijaga ketat aparat Polres Sleman
Tersangka pencurian truk saat digelandang dan dijaga ketat aparat Polres Sleman

SLEMAN (MERAPI)- Tiga orang pencuri spesialis truk pasir berhasil diamankan jajaran Reskrim Polres Sleman. Komplotan ini beraksi dengan berpura-pura memesan pasir pada penambang, kemudian membawa kabur truk setelah sebelumnya membius korban.
Kasat Reskrim Polres Sleman, AKP Rony Are Setia kepada wartawan, Jumat 5/1) mengatakan, ketiga tersangka yang diamankan yakni BS (33) warga Klaten, AG (34) asal Surakarta dan BR (35) warga Sukoharjo.
“Ketiganya diamankan di tempat yang berbeda. BS dan BR ditangkap di Terminal Daleman, Klaten sedangkan AG di Margoyoso, Pati,” ujar AKP Are.
Menurut AKP Are, penangkapan ketiga pelaku berdasarkan laporan sorang penambang pasir warga Cangkringan, Sleman akhir tahun lalu. Saat itu, pelaku memesan pasir kepada korban untuk kemudian diminta diantaraken ke wilayah Berbah, Sleman. Tanpa curiga, korban mengantarkan pesanan pasir itu ke Berbah.
Sesampainya di Berbah, korban bertemu dengan pelaku BS. Pelaku lantas meminta pada korban untuk istirahat dan disuguhi segelas kopi. Kopi yang disuguhkan itulah kemudian dicampuri dengan obat bius. Usai korban tertidur karena minum kopi yang sudah dicampuri obat penenang, pelaku pun beraksi membawa lari truk korban. Para pelaku lantas mendatangi sebuah bengkel untuk mengubah fisik truk, termasuk merubah warna truk.
“Perubahan fisik truk disesuaikan dengan surat dokumen Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB) yang telah dimiliki oleh salah satu tersangka,” katanya. Belakangan diketahui BPKB yang digunakan didapat dari tempat lelangan.
Setelah mendapat laporan korban, polisi bergerak mencari pelaku berdasarkan ciri fisik yang disampaikan korban. Akhirnya pada awal tahun ini, komplotan ini berhasil dibekuk.
Menurut Are, saat beraksi ketiga tersangka memiliki peran masing-masing, di mana BS sebagai otak pencurian, membeli dokumen BPKB dan membeli obat penenang.
“Kemudian AG ini sebagai eksekutor yang memasukkan obat penenang dan membawa truk setelah korban tertidur. Lantas BR bertugas memesan pasir serta memesan kontrakan sebagai tempat menurunkan pasir,” katanya.
Dijelaskan Are, ketiga tersangka merupakan pencuri spesialis truk yang memiliki sindikat tertentu. Tersangka mengaku baru sekali melakukan pencurian truk di Sleman, namun diduga para tersangka kerap melakukan aksi pencurian di tempat lain.
“Dari tangan tersangka kita berhasil amankan barang bukti berupa satu unit truk, satu STNK, satu buku uji berkala, fotokopi BPKB, fotokopi cek fisik kendaraan dan satu unit mobil,” pungkasnya.
Guna mempertanggungjawabkan perbuatannya, kini tersangka harus mendekam di sel tahanan Polres Sleman. Tersangka dijerat pasal 363 KUHP tentang pencurian dengan ancaman hukuman 6 tahun kurungan penjara. (Shn)

Read previous post:
RESIDIVIS DIBEKUK USAI BURON 2 BULAN
RESIDIVIS DIBEKUK USAI BURON 2 BULAN – Pemabuk Todong Pengunjung Warung Burjo

BULAKSUMUR (MERAPI)- Dengan kondisi mabuk berat, residivis MG (30) warga Terban, Gondokusuman, Yogya dan AR (20) warga Pereng Wetan, Prambanan,

Close