Kedok Tiga Napi Narkoba Terbongkar, Barang Bukti Sabu dan Pil ‘Gedhek’ Inek Dimusnahkan

Ketiga napi Leo, Cuplis, Kasbon dan empat anak buahnya. (Foto: Sukaryono)

SEMARANG (MERAPI) – Badan Narkotika Nasional Propinsi(BNNP) Jateng, Jumat(14/8) sore memusnahkan narkoba jenis sabu seberat 160,90 gram dan 45 pil ekstasi di kantor BNNP, jalan Madukoro Semarang. Barang terlarang itu milik tiga napi menghuni di LP berbeda Pati dan Klaten.

Pemusnahan dengan cara dibakar menggunakan mobil khusus ‘Incinerator’ disaksaikan juga ketiga napi pemilik barang haram itu, masing- masing Napi LP Klaten Leo Elyarso (42), Cuplis (49) warga binaan LP Pati dan Subhan alias Kasbon (40) yang juga penghuni LP Pati serta kaki tangan mereka yang membantu mengedarkan narkoba di luar LP. Semuanya, termasuk ketiga napi berjumlah tujuh tersangka.

Kepala BNNP Jateng Brigjen Pol Benny Gunawan mengatakan, pemusnahan barang bukti atas persetujuan Kejaksaan Negeri Sukoharjo, Kejaksaan Negeri Surakarta dan Kejaksaan Negeri Batang. Ia menyebutkan semua barang bukti, memang tidak dimusnahkan, tetapi sisanya disisihkan untuk uji labotorium dan pembuktian di persidangan.

Kepala BNNP menyebutkan ketiga napi dua dari LP Pati dan satu LP Klaten itu diciduk terkait atas keterlibatannya, sebagai pengendali peredaran narkoba. Para kaki tangan napi narkoba ditangkap di tempat berbeda Solo Raya, Subah Batang. Kemudian orang orang suruhan itu mencokot para napi, penghuni LP Klaten dan LP Pati.

Di Solo Raya, BNNP Jateng bekerja sama dengan BNNK Surakarta, membongkar sindikat peredaran narkoba melibatkan napi Leo Elyaraso (42), penghuni LP Klaten. Leo ditangkap menyusul anak buahnya NVT (28) warga Prambanan Klaten yang tertangkap disertai barang bukti sekitar 50 gram sabu di Kadilangu, Baki Sukoharjo.

Kemudian pada dini Kamis (16/7), BNNP Jateng atas informasi masyarakat kembali sukses meringkus Cuplis(49), warga binaan LP Pati. Kedoknya terbongkar setelah ‘dicokot’ kaki tangannya, AS alias Bambang Pithik (48) yang tertangkap disertai barang bukti 102 gram sabu dan 50 butir ekstasi di rumah kosong jalan Bima IV Serengan kota Surakarta.

“Kami bekerja sama dengan Kanwil Kumham Jateng dan pihak LP Pati dari pengembangan penangkapan tersangka Pithik lalu menciduk napi Cuplis di LP Pati”, ungkap Brigjen Benny Gunawan.

Sebelumnya Sabtu (11/8), Tim BNNP Jateng dan BNNK Batang menangkap AW ( 42) di SPBU Subah Desa. Rejomulyo Jatisari, Subah
Batang. AW asal Dukuhseti, Pati diringkus disertai barang bukti sabu seberat 20 gram. Ia diketahui menerima perintah untuk menerima
narkotika jenis shabu tersebut oleh seorang Napi LP Pati bernama Kasbon (40). Kemudian Kasbon ikut diciduk dari dalam LP Pati. Ketiga kasus narkoba di tempat berbeda itu masih terus dikembangkan penyidik. (Sky)

Read previous post:
Bupati Ancam Tutup Toko Jejaring Nakal

BANTUL (MERAPI) - Bupati Bantul, Drs H Suharsono mengancam akan menutup toko jejaring di wilayah Kabupaten Bantul tidak berizin dan

Close