Perlintasan Tak Berpalang Makan Korban

ilustrasi
ilustrasi

KARANGANYAR (MERAPI) – Kecelakaan maut di perlintasan kereta api di Dukuh Karangkidul Desa Pulosari Kebakkramat kembali terulang. Seorang ibu rumah tangga asal Dukuh Maguan Rt 07/Rw VI Desa Gaum, Tasikmadu, Nur Halimah (25) terseret KA sampai tewas saat hendak menyeberang rel.
Kapolsek Kebakkramat AKP Agus Raino mengatakan korban terseret hingga ratusan meter dari lokasi penyeberangan. Awalnya, perempuan ini hendak berangkat kerja dengan menaiki Honda Supra nopol AD 3444 KS pada Sabtu pukul 06.00 WIB

“Jadi, korban di atas sepeda motornya terkena ekor KA. Bukan tertabrak kepala loko. Korban mengalami luka bagian kepala dan meninggal seketika,” katanya.

Adapun jenazah dibawa ke RSUD Karanganyar dan langsung dibawa pulang oleh keluarga setelahnya untuk dimakamkan.
“Itu penanganan disana dan disemayamkan oleh keluarganya di rumahnya di Desa Gaum, Kecamatan Tasikmadu, Karanganyar,” katanya.

Salah satu warga, Parman menyebutkan, peristiwanya terjadi pukul 05.48 WIB. Di lokasi tersebut beberapa kali terjadi kecelakaan serupa.
“Sebelumnya ada kecelakaan di lokasi tersebut. Lintasan relnya memang tidak ada palangnya. Kalau ngga pas dekat rel tidak bisa lihat kereta lewat. Lokasinya di persawahan. Jauh dari pemukiman, ” kata Parman.

Terkait perlintasan KA tanpa palang dan pintu pengaman, Asisten II Sekda, Agus Cipto Waluyo mengatakan sejumlah perlintasan sebidang KA tak berpalang bakal ditutup di wilayah Karanganyar. Penutupannya seiring pengoperasian 18 titik pengamanan perlintasan tersebut. Secara normatif, jarak pengaman perlintasan sebidang idealnya 800 meter dari jalan raya.

“Tim kabupaten sedang menghitung, kira-kira mana saja yang layak dibangun pengaman perlintasan. Terkait 18 titik pengamanan itu mana saja, kita belum tahu. Lagipula, itu tidak hanya untuk Karanganyar, namun sampai Sragen,” katanya.
Sundoro menyebut titik urgen berada di Desa Pulosari Kebakkramat, masing-masing di Dukuh Waru dan Dukuh Waru Dowakan. (Lim)

Read previous post:
“Kedu Kababar” Tutup Peringatan Hari Jadi ke-186 Kabupaten Temanggung

TEMANGGUNG (MERAPI) - Pagelaran seni spektakuler virtual sekaligus menutup seluruh rangkaian acara peringatan Hari Jadi Kabupaten Temanggung yang ke 186

Close