Ibu 5 Anak Jadi Penipu Ulung

Ibu Lima anak diringkus Polisi Polsek Wirobrajan karena kasus penggelapan mobil rental. (MERAPI-NOOR RIZKA)
Ibu Lima anak diringkus Polisi Polsek Wirobrajan karena kasus penggelapan mobil rental. (MERAPI-NOOR RIZKA)

YOGYA (MERAPI) – Ibu lima anak, Jv (47) warga Pakuncen, Wirobrajan, Yogya diringkus jajaran Reskrim Polsek Wirobrajan karena menggelapkan mobil rental milik Mohamad Nurhuda (48) warga Jalan Wiratama, Tegalrejo, Yogya. Diduga, tersangka juga melakukan penipuan maupun penggelapan di sejumlah lokasi lain, yakni di Sleman, Bantul dan Magelang.

Kanit Reskrim Polsek Wirobrajan Yogya Iptu Zainuri kepada wartawan, Senin (9/4) mengatakan, tersangka diringkus atas laporan dari korban Mohamad Nurhuda. Pasalnya, pada 4 Januari silam, korban meminjamkan mobilnya kepada tersangka. Sesuai perjanjian, tersangka akan mengembalikan mobil pada 15 Februari. Namun, pada saat jatuh tempo, mobil tak kunjung dikembalikan. Saat diminta, tersangka hanya memberi janji palsu. Belakangan diketahui jika mobil korban telah digadaikan oleh tersangka.

Selanjutnya, korban melapor ke Polsek Wirobrajan Yogya. Berbekal laporan dari korban, polisi segera melakukan penyelidikan. Tersangka diketahui berpindah-pindah tempat tinggal. Polisi kemudian menyanggong tersangka di sekolah anaknya. Namun tersangka selalu berpindah tempat saat menjemput anaknya.

“Tersangka akhirnya kami amankan saat menjemput anaknya sekolah. Sebelumnya, ia berpindah-pindah lokasi menjemput, meski masih di lingkungan sekitar sekolah,” kata Iptu Zainuri.

Di hadapan polisi, tersangka mengakui perbuatannya. Ia mengatakan terpaksa menggadaikan mobil yang direntalnya karena dikejar utang. Sebelumnya, tersangka juga pernah kredit mobil baru hingga 7 unit. Namun dalam perjalanannya, ia tidak bisa mengangsur. Kredit akhirnya macet, lalu tersangka menggadaikan satu per satu mobilnya.

Diduga untuk menutupi utangnya, ia meminjam mobil rental di sejumlah tempat. Lalu mobil rental tersebut digadaikan. Kepada orang yang menerima gadai, tersangka mengaku jika mobil tersebut milik familinya. BPKP mobil akan diserahkan beberapa hari kemudian, setelah uang gadai diterima.

“Kami fokus menangani satu kasus. Namun, berdasarkan informasi, masih ada laporan di Polsek lain maupun Polresta Yogya,” pungkasnya. (Riz)

 

Read previous post:
PENGEMBANGAN DESA WISATA – Grebek Penjalin Media Promosi Perajin Rotan Trangsan

SUKOHARJO (MERAPI) - Kerajinan rotan tidak sekadar menjadi mata pencaharian saja namun juga identitas bagi Desa Trangsan, Kecamatan Gatak. Bahkan

Close