Teman Facebook Nginap di Rumah, Ngatinah Ketipu Mentah-mentah

Ilustrasi
Ilustrasi

KOKAP (MERAPI) – Peristiwa yang dialami Ngatinah (46), warga Dusun Cranggah, Desa Hargotirto, Kecamatan Kokap, Kulonprogo, bisa menjadi pelajaran berharga bagi masyarakat, terutama para pengguna jejaring sosial. Ia mengalami kerugian hingga puluhan juta rupiah setelah diperdaya oleh teman pria yang baru dikenalnya lewat Facebook, akhir pekan kemarin.

Pria berinisial M (35) ini, sebelumnya menjalin pertemanan dengan Ngatinah melalui media sosial Facebook. Keduanya kemudian bertemu, hingga rayuan maut M berhasil memperdaya Ngatinah dan memperbolehkan pria tersebut menginap di rumahnya.

“M menginap pada Kamis (15/3) malam,” kata Kapolsek Kokap, AKP Satrio Arif Wibowo, saat dihubungi, Minggu (18/3).

Berbekal rasa percaya, Ngatinah dengan santai meninggalkan M di rumahnya untuk memetik durian di kebun, Jumat (16/3) pagi. Saat itulah, M beraksi menguras harta benda korban. Dalam perjalanan pulang, Ngatinah sempat bertemu M yang pergi menggunakan jasa ojek. Namun lagi-lagi, ia tidak menaruh curiga dan bersikap seperti biasa.

“Setelah sampai di rumah, barulah korban sadar kalau barang-barang miliknya hilang. Lemari penyimpanan juga ditemukan dalam kondisi rusak,” imbuh AKP Satrio.

Ironisnya, M tidak cukup puas membawa kabur sejumlah perhiasan emas dengan total 38 gram, smartphone dan uang Rp 300.000 yang diambil dari dalam dompet Ngatinah. M bahkan mampir ke SMP N 2 Kokap, tempat cucu Ngatinah, Budi Nur Rizqi bersekolah. Di sana ia meminta motor Honda Supra X 125 AB 6141 QL beserta kuncinya, dengan alasan untuk menjemput Ngatinah yang sedang panen durian di kebun. Motor tersebut akhirnya ikut raib dibawa kabur oleh M.

Akibat peristiwa ini, Ngatinah mengalami kerugian sekitar Rp 38.750.000. Sebab saat di rumahnya, M telah mengambil STNK dan BPKB motor korban.

”Hingga kini, kami masih berupaya menyelidiki kasus tersebut. Polisi berusaha mengungkap identitas asli serta alamat pelaku,” tegasnya. (Unt)

Read previous post:
Tertib Usaha Hingga Bangunan, 9 Kampung Panca Tertib Diganjar Penghargaan

UMBULHARJO (MERAPI) - Sembilan Kampung Panca Tertib di Kota Yogyakarta meraih penghargaan Si Pantib Award. Penghargaan itu merupakan apresiasi Pemkot

Close