DISITA DARI DUA GADIS – Sabu Senilai Rp 3 M Dimusnahkan

Tiga tersangka kasus sabu SRD, AMR dan ISM dikawal petugas bersenjata
Tiga tersangka kasus sabu SRD, AMR dan ISM dikawal petugas bersenjata

SEMARANG (MERAPI) – Dua paket sabu seberat 2 kg dimusnahkan di halaman kantor BNNP Jateng, Jalan Madukoro, Semarang, Kamis (25/1). Sabu senilai Rp 3 miliar ini disita dari dua gadis saat turun dari pesawat di Bandara Adi Sumarmo, Surakarta. Pemusnahan dilakukan setelah Kejari Boyolali mendapat izin dari PN setempat.

Sementara dalam waktu sama, BNNP Jateng juga memusnahkan dua paket sabu hasil penyerahan dari Bea Cukai Tanjung Emas, Semarang. Kedua paket berisi 26 gram sabu itu kiriman pos dari Polandia dan 17 gram sabu berasal dari kiriman pos China. Barang haram tersebut disita karena tidak diambil pemiliknya. Setelah alamat ditelusuri ternyata alamat tujuan palsu.

Adapun sabu seberat 2 kg yang dimusnahkan setelah dites keasliannya oleh Labfor Polri Cabang Semarang, menurut Kepala BNNP Jateng Tri Agus Heru disita dari hasil kerja sama BNNP Jateng dengan Bea Cukai Bandara Adi Sumarmo, Aviation Security (Avsec) Angkasa Pura Bandara Adi Sumarmo. Sabu sebanyak itu disita tim gabungan, Selasa (9/1) pekan lalu sekitar pukul 14.35 dari dua wanita penumpang pesawat terbang AirAsia yang dalam perjalanan dari Kuala Lumpur Malaysia turun ke Bandara Adi Sumarmo, Surakarta.

Kedua wanita muda itu SRD (26) asal Madura dan AMR (22) asal Lombok. Mereka datang ke Malaysia menggunakan visa kunjungan membawa paket sabu yang diletakkan di dalam tas. Mereka mengaku mendapat upah masing masing masing Rp 30 juta. “Kedua wanita itu sesuai data dari Imigrasi bukan TKW tetapi ke negara jiran menggunakan visa kunjungan. Dan, mereka mengaku membawa paket sabu dijanjikan upah masing masing Rp 30 juta”, jelas Tri Agus Heru sambil menyebutkan uang jasa sesuai pengakuan mereka belum dibayarkan oleh orang yang menyuruhnya.

Kepala BNNP menjelaskan dengan ditangkapnya kedua wanita kurir itu, lalu berkembang menangkap ISM (36), seorang lelaki koordinator kurir di Bandara Juanda Sidoarjo. Tersangka ISM ditangkap atas kerja sama BNNP Jateng, BNNP Jatim dan Pomal Lanudal Juanda ketika ia baru turun
dari pesawat dari Kuala Lumpur Malaysia tujuan bandara Juanda.

Untuk pengembangan penyelidikan, tersangka ISM diboyong ke kantor BNNP Jateng, Jalan Madukoro Semarang guna dipertemukan dua wanita kurir sabu SRD dan AMR. Tersangka ISM mengakui, di Malaysia bertugas mencari kurir. Untuk perjalanan para kurir yang membawa paket sabu ke Indonesia pihaknya membelikan tiket pesawat dan mengantarkan ke bandara Kuala Lumpur.

Tentang uang jasa Rp 30 juta untuk kurir, ISM mengatakan yang membayar bosnya. Namun ketika ditanya siapa bosnya, ia terkesan menutup-nutupi.

Walau ISM lebih banyak bungkam, penyidik BNNP Jateng tetap berusaha membongkar jaringan peredaran narkoba yang melibatkan mereka. (Sky)

Read previous post:
Polwan Polres Karanganyar disuntik antitetanus difteri
DI MAPOLRES KARANGANYAR – Polwan Divaksin Antitetanus Difteri

KARANGANYAR (MERAPI)- Pemberian vaksin antitetanus difteri (TD) dinilai penting bagi wanita usia subur untuk menghindari tertular atau menularkannya ke anak

Close