Ingin Punya Motor, Pelajar Nekat Nyolong

Barang bukti motor yang ditunjukkan di Mapolres Kulonprogo
Barang bukti motor yang ditunjukkan di Mapolres Kulonprogo

PANJATAN (MERAPI) – Gara-gara ingin punya motor namun terkendala keterbatasan ekonomi, HD (17), pelajar warga Bojong, Panjatan, Kulonprogo diamankan petugas Polsek Panjatan, Kamis (18/1). Ia ditangkap saat berusaha membawa motor curiannya ke kawasan Pantai Glagah.

Kasat Reskrim Polres Kulonprogo, AKP Dicky Hermansyah, Senin (22/1) mengatakan, motor Suzuki Shogun dengan nomor polisi AB 4046 L milik Aris Munandar (45) warga Dusun V Bojong, Panjatan tersebut diambil HD saat ditinggal menjemur gabah di dekat tanggul Sungai Serang. Saat itu, korban memang membiarkan kunci menancap di motornya.

“Mendengar suara deru mesin motor, korban langsung mengecek dan mendapati motornya sudah tidak ada di tempat,” kata AKP Dicky.

Berbekal laporan dari korban, petugas Unit Reskrim Polsek Panjatan langsung melakukan menyidikan. Informasi yang diperoleh menyebutkan, pelaku berikut motor curian berada di Pantai Glagah.

“Setelah dilidik, memang benar pelaku ada di lokasi. Dia langsung kami amankan beserta barang bukti,” imbuhnya.

Dari hasil pemeriksaan, pelaku nekat mencuri lantaran ingin memiliki motor namun tidak dibelikan orangtuanya karena keterbatasan ekonomi. Meski terbukti mencuri, pelaku tidak ditahan karena statusnya masih pelajar.

“Kami titipkan kepada orangtuanya, tapi proses hukum tetap berlanjut dengan pendampingan pengacara. Kepada pelaku, kami kenakan Pasal 362 KUHP dengan ancaman penjara paling lama lima tahun,” katanya. (Unt)

Read previous post:
Kampanye Berani Hidup
Kampanye Berani Hidup

KASUS bunuh diri di DIY, terutama di kabupaten Gunungkidul terus terjadi. Bahkan, Satgas Anti Bunuh Diri yang baru-baru ini dibentuk

Close