PERJUANGAN NY SUMILAH DEMI GIZI BUYUTNYA – Jual Kain Jarik untuk Beli Susu Bayi

Bayi Dila Putri yang didiagnosa kurang gizi akibat ditinggal ibunya saat ini dalam pelukan neneknya, Ny Warni
Bayi Dila Putri yang didiagnosa kurang gizi akibat ditinggal ibunya saat ini dalam pelukan neneknya, Ny Warni

IMOGIRI (MERAPI)- Kemiskinan yang bertahun-tahun membekap Ny Sumilah seolah mencapai puncaknya, Kamis (18/1) siang. Dalam kondisi sangat terpaksa, perempuan 75 tahun itu terpaksa menjual kain jariknya untuk sekadar bisa membelikan susu dan asupan bagi Dila Putri, buyutnya yang sekarang nenginjak usia 4 bulan. Tindakan perempuan itu tentu membuat orang iba. Untuk sementara, Ny Sumilah dan Dila Putri ditampung di Polsek Imogiri.
Dila Putri sejak lahir ditinggal ibunya. Sejak itu, bayi perempuan trsebut dalam pengasuhan Ny Sumilah.

“Saya sudah tidak punya uang untuk membeli susu anak ini (Dila). Kemudian saya menajual kain jarik,” ujar Ny Sumilah lirih. Sambil membekap erat bayi malang itu, perempuan legam tersebut tetap ngotot ingin menjual kain jarik. Perjuangan Ny Sumilah membuat iba banyak orang di sekitar bekas Pasar Imogiri. Bahkan peristiwa memilukan itu langsung dilaporkan ke Polsek Imogiri Bantul. Warga melapor karena mendapati Sumilah menawarkan kain jarik d iwarung-warung di Jalan Makam Raja – raja Imogiri, tepatnya warung makanan ringan Dusun Sareyan Imogiri. Namun pemilik warung tidak mau membeli.

Setelah itu Ny Sumilah dan bayinya dibawa ke Puskesmas Imogiri oleh petugas dari Polsek Imogiri. Dalam pemeriksaan diketahui jika bayi tersebut kurang gizi.

Kapolsek Imogiri Kompol Purwadi SIKom MA mengatakan, Ny Sumilah tidak memiliki rumah (tuna wisma-red). Selama ini dia ikut anaknya Ny Warni di Sowangsan Karangtalun, Imogiri. Dijelaskan, dari silsilah keluarga diketahui jika Ny Sumilah punya anak bernama Ny Warni. Kemudian Ny Warni punya anak bernama Suprihatinah. “Bayi itu merupakan anak dari Ny Suprihatinah yang sekarang bekerja di Parangtritis,” ujarnya. (Roy)

Read previous post:
Mahasiswa As (tengah) nekat mencuri uang di kampusnya
HASIL KEJAHATAN UNTUK REVONASI RUMAH ORANGTUA – Bobol Kampus Sendiri, Mahasiswa Gondhol Gaji Dosen

GONDOKUSUMAN (MERAPI) - Aksi pencurian uang gaji dosen senilai puluhan juta rupiah di ruang keuangan kampus Politeknik Lembaga Pendidikan Perkebunan (LPP)

Close