TERKAIT PEMBUBARAN PAMERAN WIJI TUKUL – Aksi Damai Tuntut Ketua PP Bantul Dibebaskan

Pemuda Pancasila dan FAKI menggelar aksi di Kajati DIY
Pemuda Pancasila dan FAKI menggelar aksi di Kajati DIY

YOGYA (MERAPI) – Puluhan anggota organisasi massa (Ormas) Pemuda Pancasila (PP) cabang Bantul dan FAKI, Selasa (16/1) mendatangi Kantor Kejaksaan Tinggi (Kejati) DIY untuk aksi damai. Mereka mendukung Ketua PP cabang Bantul Doni Bimo Saptoto yang menjalani sidang atas tuduhan melakukan penganiayaan, perusakan dan perbuatan tidak menyenangkan saat membubarkan acara Pameran Seni Wiji Tukul, yang dinilai sarat berbau komunis dan tidak mengantongi izin menggelar kegiatan tersebut, pada 8 Mei 2017.

Dalam aksi damai itu, peserta membentangkan puluhan spanduk dan melakukan orasi menuntut agar Ketua PP Bantul dibebaskan. Hal tersebut mengingat apa yang disangkakan kepada Doni Bimo Saptoto bukanlah aksi pribadi namun dilakukan atas nama Ormas Pemuda Pancasila.

Koordinator Lapangan (Korlap) aksi damai Endarto dalam orasinya mengatakan, tindakan Pemuda Pancasila cabang Bantul yang dipimpin Doni Bimo Saptoto saat melakukan pembubaran pameran Wiji Tukul 8 Mei 2017 di Kantor Pusham UII, Banguntapan, Bantul, karena tergerak untuk menyelamatkan NKRI dari bahaya laten komunis.

“Pemuda Pancasila sebagai pengawal dan penjaga ideologi negara, yaitu Pancasila. Pameran Wiji Tukul murni berbau komunis. Sebelum digelar di Yogyakarta, pameran serupa juga digelar di sejumlah kota seperti Semarang, tapi berhasil dibubarkan pula. Sehingga, saat menggelar di Yogya bahkan tidak memiliki izin menggelar pameran, Pemuda Pancasil Bantul sigap bertindak dan langsung membubarkannya,” jelas Endarto.

Ditambahkannya, atas pembubaran tersebut pihak panitia tidak terima dan segera melaporkan kejadian tersebut ke polisi. Atas laporan panitia itu pula, Doni Bimo Saptoto oleh polisi ditetapkan sebagai tersangka perusakan, penganiayaaan serta perbuatan tidak menyenangkan.

“Atas tuduhan yang tidak benar itulah, seluruh ormas yang cinta NKRI dan Pancasila memberikan dukungan penuh sebagai wujud solidaritas kepada Doni Bimo Saptoto selaku Ketua PP Bantul,” tandas Endarto.  (Fin)

Read previous post:
Terdakwa Kadus Kembangsongo Srt saat mendengarkan dakwaan jaksa di Pengadilan Tipikor Yogyakarta
KORUPSI PEMBANGUNAN KIOS – Kadus dan Mantan Lurah Diadili

YOGYA (MERAPI) - Kadus Kembangsongo Trimulyo Jetis Bantul, Srt (41) akhirnya diseret ke muka persidangan Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Yogyakarta,

Close