SIDANG KORUPSI PENSERTIFIKATAN TANAH – Ada Kelebihan Bayar Rp 98 Juta ke PPAT

Warga Karangtengah mendatangi persidangan untuk memberi dukungan moril kepada Lurah Desa Karangtengah
Warga Karangtengah mendatangi persidangan untuk memberi dukungan moril kepada Lurah Desa Karangtengah

YOGYA (MERAPI)- Mantan Lurah Desa Karangtengah Wonosari Gunungkidul, Sgn (51) kembali diajukan ke persidangan Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Yogya, Selasa (16/1). Dalam perkara ini terdakwa didakwa telah melakukan korupsi uang pensertifikatan tanah senilai 98 juta.

Dalam pemeriksaan beberapa saksi terungkap, perbuatan terdakwa diketahui setelah adanya audit dari Inspektorat Kabupaten Gunungkidul. Dalam audit ditemukan adanya kelebihan bayar ke PPAT pensertifikatan tanah mencapai Rp 98 juta.

“Perkara ini mencuat karena adanya temuan kelebihan bayar PPAT,” ungkap mantan Camat Wonosari, Susamto dalam keterangan di hadapan majelis hakim yang diketuai Hapsoro R Widodo dan jaksa Ratmiyati SH.

Disebutkan, perkara tersebut muncul setelah adanya proyek pensertifikatan tanah di Desa Karangtengah pada 2007-2008. Di tahun 2007 ada 30 permohonan sertifikat tanah dari jual beli dan 655 permohonan sertifikat tanah dari hibah. Sementara pada 2008 terdapat 12 permohonan dari jual beli dan 88 permohonan dari hibah.

Dalam program ini, terdakwa sebagai lurah memungut biaya senilai Rp 125 ribu per bidang. Selama ini pembayaran senilai Rp 125 ribu dilakukan atas kesepakatan dengan warga masyarakat.

“Masyarakat inginnya harga sama sehingga ditetapkan nilai segitu. Semua uang yang diterima terdakwa telah dibayarkan tetapi ada kelebihan bayar ke PPAT dan menjadi perkara ini,” jelas Susamto. (C-5)

Read previous post:
Kapolsek Semarang Selatan Kompol Dedy menunjukkan barang bukti belasan paket sabu beserta tersangka So'on
DIKENDALIKAN DARI LP KEDUNGPANE – Edarkan Sabu, Penjual Nasi’Kucing’ Dibekuk

SEMARANG (MERAPI) - Aparat Polsek Semarang Selatan berhasil meringkus pengedar narkoba setelah terlibat kejar-kejaran antara kendaraan pelaku dengan petugas. Tersangkanya, DF

Close