APEL SIAGA JAJARAN KEMENKUMHAM – Tes Urine, Musnahkan Barang Bukti

Barang bukti dimasukkan drum untuk dibakar
Barang bukti dimasukkan drum untuk dibakar

MAGELANG (MERAPI)- Pemusnahan HP dan barang bukti hasil operasi di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) dan Rumah Tahan Negara (Rutan) se-wilayah Kedu dilaksanakan di LP Magelang, Jumat (29/12) sore. Selain itu juga dilakukan pemeriksaan urine. Kegiatan tersebut merupakan rangkaian acara apel siaga dalam rangka pengendalian pelaksanaan tugas dan pengawasan menjelang Tahun baru 2018 jajaran Kantor Wilayah Hukum dan HAM Jawa Tengah, khususnya Forkomda Kedu.

Apel dipimpin Kepala Divisi Pelayanan Hukum Kanwil Hukum dan HAM Jateng Dra RR Sri Widyaningsih SH MHum MA, dan dihadiri para Kepala Lapas dan Rutan se-wilayah Kedu serta Kepala Kantor Imigrasi Wonosobo, serta diikuti perwakilan karyawan dan karyawati Lapas dan Rutan se Kedu dan Kantor Imigrasi Wonosobo. Kepala Divisi Pelayanan Hukum Kanwil Hukum dan HAM Jateng membacakan sambutan tertulis Kepala Kantor Wilayah Hukum dan HAM Jateng Drs Ibnu Chuldun.

Pemusnahan HP dilakukan dengan cara dibakar dalam sebuah drum. Secara bergantian Kepala Divisi Pelayanan Hukum Kanwil Hukum dan HAM Jateng, para Kepala Lapas, Rutan dan Kepala Kantor Imigrasi Wonosobo memasukkan HP yang akan dimusnahkan ke dalam drum.

Kepala LP Kelas IIA Magelang Bambang Irawan BcIP SH MH kepada wartawan mengatakan HP dan barang bukti lainnya itu merupakan hasil operasi jajaran Lapas dan Rutan se-wilayah Kedu tahun 2017. Operasi sering dilakukan, dan akan terus dilakukan. Saat ini LP sudah dilengkapi dengan peralatan X-Ray untuk memantau dan memonitor barang bawaan setiap pengunjung.

Untuk pemeriksaan urine dilakukan secara acak, dan setiap Unit Pelaksana Tugas (UPT) diwakili 5 orang, baik staf maupun pimpinan. Berkaitan dengan ini, Kepala Divisi Pelayanan Hukum Kanwil Hukum dan HAM Jateng berharap mengakhiri tahun 2017 ini petugas Lapas di Forkomda Kedu semuanya dalam kondisi bersih. “Sebelum kita bersih-bersih, kita harus sudah bersih terlebih dahulu,” katanya. (Ham)

Read previous post:
Belasan anggota geng motor diamankan setelah terlibat pembacokan
SEBAGIAN ANGGOTANYA SISWA SMP – Main Bacok, 13 Anggota Geng Motor Dibekuk

SEMARANG (MERAPI) - Sebanyak 13 anggota kelompok geng motor 'Camp TT 136 (Tanda Tanya)' yang terlibat aksi kekerasan Sabtu (22/12)

Close