3 Kali Beraksi Di Bantul, Kakak Ajak Adik Nyuri Sapi

BANTUL (MERAPI) – Tim Buser Polres Bantul membongkar sindikat pencurian sapi asal Temanggung. Dalam kasus itu petugas sudah menetapkan kakak beradik jadi tersangka yakni Rh (45) dan Mr (42) keduanya warga Dusun Karangtejo, Karangtejo, Kedu, Temanggung. Rh adalah pimpinan komplotan ini. Kepada polisi, mereka mengaku sudah 3 kali beraksi di Bantul.

Hingga kini petugas masih memburu dua orang lain anggota komplotan ini. Dari tangan tersangka, petugas menyita barang bukti satu pikup yang digunakan mengangkut sapi curian.

Kasat Reskrim Polres Bantul AKP Anggaito Hadi Prabowo SIK SH kepada wartawan, Senin (25/12) mengatakan, komplotan ini terakhir beraksi di Piyungan Bantul. Setelah peristiwa itu, dipimpin Kanit Buser Polres Bantul Ipda Supriyadi SH, tim bergerak di lapangan dengan memintai keterangan sejumlah saksi. Lewat penyelidikan jejak roda kendaraan serta informasi masyarakat, petugas mencurigai komplotan duet kakak beradik Rh dan Mr pelakunya. Kemudian pada 22 Desember, Tim Buser berhasil menyergap Mr di daerah Druwo Sewon Bantul. Kepada petugas, tersangka mengaku diajak Rh untuk mencuri sapi di DIY.

Berbekal keterangan Mr itu, Tim Buser menuju Temanggung mencari Rh dan dia langsung disergap di rumahnya. Setelah itu keduanya digelandang ke Polres Bantul. Kepada penyidik, Rh mengatakan dalam dua bulan terkhir, mereka sudah mencuri sapi di tiga tempat di Bantul. Bahkan komplotan Rh juga pernah menggasak sapi di Seyegan, Sleman.

Ipda Supriyadi menambahkan, setiap menjalankan aksinya, komplotan asal Temanggung itu selalu mencari momentum saat hujan. Sebab ketika hujan deras, biasanya masyarakat kurang waspada. “Tiga kali mencuri dilakukan ketika hujan deras,” ujarnya.

Sedang sapi hasil curian langsung dijual kepada seseorang di daerah Temanggung. Untuk mempermudah aksinya, kata Supriyadi, komplotan ini memodifikasi kendaraan dengan memasang atap permanen. Sehingga setiap kali mendapat sapi curian langsung masuk kendaraan dan dibawa ke Temanggung. “Kami menduga mereka sangat profesional. Ini dibuktikan mereka dengan berani masuk wilayah DIY,” jelas Supriyadi. (Roy)

Read previous post:
JUKIR NAKAL MANFAATKAN MOMENTUM LIBURAN, Parkir Liar Merajalela
JUKIR NAKAL MANFAATKAN MOMENTUM LIBURAN, Parkir Liar Merajalela

GONDOMANAN (MERAPI) - Pelanggaran parkir ditemukan selama libur panjang Natal 2017 beberapa hari ini. Setidaknya ada 3 juru parkir (jukir)

Close