DITUNTUT 8 TAHUN PENJARA – Residivis Mengaku Bukan Kurir Sabu

Terdakwa saat ke luar sidang setelah menjalani persidangan
Terdakwa saat ke luar sidang setelah menjalani persidangan

YOGYA (MERAPI) – Seorang residivis, Ism (38) warga Pujokusuman Yogyakarta mengaku tak menjual narkotika jenis sabu sebagaimana dakwaan dan tuntutan jaksa Iswahyudi SH. Hal itu diketahui barang bukti yang disita petugas masih utuh dan belum pernah dijual.

Dengan pertimbangan tersebut di atas, terdakwa tak sependapat dengan tuntutan jaksa yang menuntutnya selama 8 tahun serta denda Rp 1 miliar subsider 6 bulan penjara. Untuk itu terdakwa meminta keringanan hukuman kepada majelis hakim yang diketuai Loise Beti Silitonga SH.

“Saya menyesal dan mohon hukuman seringan-seringannya,” ungkap terdakwa dalam pledoi yang disampaikan secara lisan di muka persidangan. Selain itu, pertimbangan permohonan keringanan hukuman karena terdakwa menyesali perbuatannya dan memiliki tanggungan berupa anak-anak yang masih kecil.

Dalam perkara ini terdakwa dijerat Pasal 114 ayat 2 UU No 35 Tahun 2009 tentang Narkotika. Semula terdakwa sebagai mantan narapidana kenal dengan gembong narkoba Bob (DPO). Untuk itu saat ada orang tengah mencari sabu ia pun bersedia membantu mencarikan dengan menjadi kurir.

Untuk itu terdakwa menghubungi Bob dan membeli sebanyak 17,12 gram sabu seharga Rp 1 juta per gram. Selanjutnya barang bukti tersebut akan dijual dengan harga Rp 1,05 juta per gram. Dari setiap gramnya terdakwa mengambil keuntungan Rp 50 ribu.

Tetapi perbuatan terdakwa diketahui masyarakat dan dilaporkan ke pihak berwajib. Untuk itu petugas pada 2 Agustus 2017 melakukan penggerebekan di rumah terdakwa. Mengetahui kedatangan petugas, terdakwa berusaha melarikan diri.

Petugas pun berusaha mengejar dan melakukan tembakan peringatan. Karena tak diindahkan maka petugas langsung menembak ke arah pelaku. Dengan begitu terdakwa pun dapat ditangkap dan diamankan.

Dari tangan terdakwa, petugas menyita barang bukti sabu-sabu seberat 17,12 gram. Barang bukti tersebut rencananya akan dijual. Tetapi sebelum sempat dijual terdakwa berhasil ditangkap petugas. (C-5)

Read previous post:
Pemain Minomartani dan official foto bersama usai juara
LIGA DIVISI I PSSI SLEMAN – PS Minomartani Juara

SLEMAN (MERAPI) - PS Minomartani keluar sebagai juara Liga Divisi I PSSI Sleman usai mengalahkan Wedomartani 1-0 di laga final.

Close