Ribuan Botol Miras Dimusnahkan

Ribuan Botol Miras Dimusnahkan
Ribuan Botol Miras Dimusnahkan

SLEMAN (MERAPI) – Selama setahun terakhir, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Sleman berhasil mengamankan 5.050 minuman keras (miras). Ribuan botol miras dari berbagai jenis dan golongan itu merupakan hasil operasi petugas selama 29 kali sepanjang 2017.

Jenis mobil yang berhasil diamankan, terdiri dari dua jenis. Pabrikan dan non atau oplosan. Untuk minuman pabrikan ada 4.887 botol/kaleng yang terdiri dari golongan A 4.415 botol/kaleng, golongan B 311 botol dan golongan C ada 161 botol/kaleng. Sedangkan minol tidak bermerk petugas berhasil mengamankan 151 botol, tujuh dirigen berisi 20 liter dan Lina plastik berukuran setengah kilogram.

Miras yang berhasil diamankan tersebut menurut Kepala Satpol PP Sleman Herry Sutopo, lebih banyak dibanding tahun sebelumnya. Sepanjang 2015-2016, yang berhasil diamankan ada 4.000 minol.

“Ada beberapa faktor kenapa peredaran miras di Sleman tetap tinggi. Kondisi Sleman yang masyarakatnya heterogen, banyak pendatang. Termasuk warga asing yang suka dengan miras. Karena masih ada peminatnya, maka penjualnya juga tetap ada,” ujar Herry disela-sela pemusnahan  di halaman Utara Lapangan Pemda Sleman, Selasa (19/12).

Hal yang paling berpengaruh, adalah tim Satpol PP yang lebih intensif dalam melakukan razia. Tim intel dari Satpol PP sangat jeli dalam mendeteksi lokasi mana saja yang terindikasi menjual miras atau tidak.

Terkait denda, sesuai Perda Nomor 8 Tahun 2017 tentang Pelarangan Pengedaran, Penjualan dan Penggunaan Miras dari 29 pelanggar, dua diantara dijatuhi denda Rp 25 juta subsider tujuh hari kurungan. Selebihnya berkisar Rp 10 juta hingga Rp 20 juta menyesuaikan tingkat kesalahan.

Wakil Bupati Sleman Sri Muslimatun mengapresiasi hasil razia dari tim Satpol PP. Karena menurutnya, banyak kasus kejatahan kemasyarakatan yang bermula dari miras. Termasuk juga judi.

“Banyak generasi muda saat ini terjebak dalam kenakalan remaja yang salah satunya karena pengaruh minuman keras. Untuk itu perlu partisipasi seluruh lapisan masyarakat untuk bersama-sama memberantas peredaran miras,” ujarnya. (Awh/Awn)

Pin It on Pinterest

Read previous post:
Anak-anak dari Omah Dongeng Marwah sedang menarikan dongeng di forum pengajian Suluk Maleman Anis BS
BANGSA YANG KEHILANGAN DONGENGNYA – Pengajian Suluk Maleman

PATI ( MERAPI ) - Ngaji Budaya Suluk Maleman di rumah Habib Anis Bahasin Pati selalu menampilkan sesuatu yang berbeda.

Close