Usai Dipecat, Gasak Perhiasan Mantan Majikan

Usai Dipecat, Gasak Perhiasan Mantan Majikan
Pencuri di rumah kosong ditangkap polisi.

KARANGANYAR (KR) – Perhiasan dan barang-barang berharga milik warga Perum Klodran Indah, Jalan Cendrawasih Rt 01/Rw IX Desa Klodran, Widodo Ari Wibowo (39) dicuri mantan pegawainya, Ali Anto (23). Pelaku membobol rumah korban saat tak berpenghuni pada Minggu (26/11) lalu.

“Pelaku sudah hafal kapan pemilik rumah tak berada di tempat saat siang. Ia juga tahu letak benda-benda berharga di dalamnya. Ia dulunya mantan pegawai korban,” kata Kasatresrim Polres Karanganyar, AKP Gede Yoga Sanjaya kepada wartawan saat gelar barang bukti kasus pencurian dengan pemberatan (curat) di Mapolres, Kamis (7/12).

Pelaku yang merupakan warga asli Tanjung Balai, Sumatera Utara itu mencongkel jendela depan dengan sebilah linggis setelah masuk ke halaman rumah dengan cara melompati pagar. Setelah berhasil masuk, ia mengambil gelang emas, kalung, tas wanita dan dua buah jam tangan bermerek. Perhiasan dan aksesori itu dimasukkan ke dalam tas koper milik korban. Selain itu, ia juga menggondol sebuah TV LED 24 inch. Seluruh barang jarahan dibawa sendiri sambil berjalan kaki ke rumah neneknya di Manahan, Solo. Perhiasan itu dijual murah ke pedagang emas tepi jalan sedangkan barang lainnya disimpan di rumah neneknya.

“Saat korban pulang, ia kaget karena harta bendanya hilang. Termasuk perhiasan senilai Rp 10 juta. Korban mencurigai pelakunya Ali, karena ia punya bukti mantan pegawainya itu juga mencuri beberapa kali saat masih bekerja,” katanya.

Pelaku diringkus di rumah kosnya wilayah Kebonan, Sriwedari, Solo pada Kamis (30/11) pukul 14.00 WIB. Aparat reskrim Polsek Colomadu telah mengikutinya selama empat hari sejak 26 November 2017 dan mengantongi bukti cukup.

Sementara itu Ali kepada wartawan mengaku perhiasan dijualnya Rp 4,5 juta. Uangnya untuk membeli ponsel pintar dan membayar utang.

“Dipecat dari warung juragan saya itu lima bulan lalu karena ketahuan mencuri di rumahnya. Sudah tiga kali nyolong perhiasan di sana,” katanya polos.

Atas perbuatannya itu, pelaku dijerat pasal 363 KUHP ayat (1) ke-3e, 4e, dan 5e dengan ancaman penjara maksimal 9 tahun. (Lim)

Read previous post:
Asyik Foto, Remaja Terserempet KA

PURWOREJO (MERAPI) - Eny Hayathi (16), pelajar SMK di Kabupaten Purworejo terluka akibat diserempet rangkaian KA Bengawan relasi Solo -

Close