HASIL KEJAHATAN UNTUK BAYAR KULIAH – Uang Kiriman Habis, Mahasiswa Nyuri Laptop

Uang Kiriman Habis, Mahasiswa Nyuri Laptop
Uang Kiriman Habis, Mahasiswa Nyuri Laptop

UMBULHARJO (MERAPI) – Dengan dalih kehabisan uang bulanan, seorang mahasiswa Cu (23) asal Sumba Timur, nekat mencuri laptop di kos-kosan Jalan Kerto, Muja Muju, Umbulharjo, Yogya. Laptop curian dijual tersangka di sebuah konter Jalan Kaliurang, lalu diiklankan secara online.

“Dari iklan online inilah kasus pencurian laptop ini kami ungkap,” kata Kapolsek Umbulharjo Kompol Sutikno kepada wartawan, Selasa (5/12).

Menurut kapolsek, pencurian terjadi pada Selasa (21/11) silam. Pasca kejadian, polisi dan korban Muhamad Sopyan Fadilah (23) rutin memantau iklan jual beli online. Belakangan diketahui jika sebuah konter menawarkan laptop yang diyakini milik korban.

“Setelah dilakukan penyelidikan, kami mendapat informasi laptop dengen ciri-ciri persis seperti milik korban dijual di sebuah konter di Jalan Kaliurang,” kata kapolsek.

Petugas langsung mengecek laptop tersebut. Ternyata tipe laptop dan nomor serinya sama persis dengan laptop korban yang hilang.

Polisi lantas kerjasama dengan korban. Korban ditugaskan menjadi pembeli laptop. Korban beralasan akan mengambil uang di ATM, lalu membayar uang muka (DP) terlebih dahulu agar laptop tidak dijual kepada orang lain.

“Pada Senin (4/12) siang, kami menyiapkan administrasi untuk penyitaan barang bukti dan pemeriksaan petugas konter,” papar kapolsek. Kemudian polisi bersama korban menuju konter untuk memeriksa pemilik konter.

Saat diperiksa aparat, petugas konter mengaku mendapat laptot dari seseorang yang identitasnya telah dicatat yang kemudian diketahui sebagai tersangka Cu. Berbekal identitas itu, polisi langsung meringkus pelaku di Jalan Kusumanegara Yogya.

Meski sempat mengelak, pelaku akhirnya mengakui perbuatannya. Ia mengaku terpaksa mencuri karena kehabisan uang untuk bayar kuliah. (Riz)

Read previous post:
Mobil Panther yang ditumpangi korban berhenti setelah menabrak pagar
MOBIL NABRAK MOTOR DAN RUMAH WARGA – Serangan Jantung Saat Mengemudi, Polisi Tewas

NGAMPILAN (MERAPI) - Seorang anggota provost Polres Sleman Bripka Roni Ahaddin Fitriansyah (33) meninggal dunia setelah mobil yang dikendarai menabrak

Close