PRAPERADILAN SENGKETA GOA PINDUL – Termohon Anggap Bukan Pidana

Kuasa hukum termohon (kanan) saat membacakan jawaban atas permohonan praperadilan
Kuasa hukum termohon (kanan) saat membacakan jawaban atas permohonan praperadilan

SLEMAN (MERAPI) – Termohon I Kapolda DIY dan termohon II Kapolres Gunungkidul menyatakan penghentian perkara atau SP3 terhadap tersangka Bagyo yang melakukan tindak pidana melakukan pengusahaan sumber daya air tanpa izin dari pihak berwenang sah sesuai hukum. Karena dalam perjalanan perbuatan tersangka bukan sebagai tindak pidana.

“Dalam proses penyidikan ditemukan fakta hukum yakni putusan Mahkamah Konstitusi (MK) yang menyatakan UU No 7 Tahun 2014 tentang Sumber Daya Air sudah dicabut dan menyatakan UU No 11 Tahun 1974 tentang Pengairan berlaku lagi. Sehingga dengan dicabutnya UU tersebut penetapan tersangka tidak relevan lagi,” ujar Penata TK I Heru Nurcahya SH, salah satu kuasa kedua termohon dalam pembacaan jawaban di muka persidangan PN Sleman, Selasa (5/15).

Dengan adanya pencabutan UU tersebut, termohon telah  melakukan gelar perkara dan diperoleh rekomendasi untuk menghentikan perkara tersebut. Langkah itu diambil untuk memberikan kepastian hukum terhadap penanganan perkara yang ditangani termohon.

Selain itu termohon I dan termohon II menolak dalil dari pemohon kalau dirinya tak profesional dalam menjalankan tugas. Justru sikap yang diambil termohon sudah tepat agar ada kejelasan terkait penanganan perkara tersebut.

Atas jawaban tersebut, pemohon melalui kuasa hukumnya Oncan Poerba SH didampingi Willyam H Saragih SH dan FX Yoga Nugrahanto SH akan menanggapi secara tertulis dalam sidang berikutnya. Selanjutnya hakim tunggal Hj Satyawati Yun Irianti SH menunda persidangan dan meminta para pihak untuk kembali hadir di persidangan. (C-5)

Read previous post:
Terdakwa dikawal petugas untuk menjalani persidangan di PN Yogya
UANG KONSUMEN DITILEP – Calo Pajak Kendaraan Disidang

YOGYA (MERAPI) - Seorang calo pajak kendaraan, SD alias Alex (35) warga Popongan Baru Sinduadi Mlati Sleman diseret ke kursi

Close