UANG KONSUMEN DITILEP – Calo Pajak Kendaraan Disidang

Terdakwa dikawal petugas untuk menjalani persidangan di PN Yogya
Terdakwa dikawal petugas untuk menjalani persidangan di PN Yogya

YOGYA (MERAPI) – Seorang calo pajak kendaraan, SD alias Alex (35) warga Popongan Baru Sinduadi Mlati Sleman diseret ke kursi pesakitan PN Yogya, Selasa (5/12). Terdakwa didakwa telah menggelapkan uang konsumen yang seharusnya untuk membayar pajak kendaraan.

Dalam dakwaan yang dibacakan jaksa Dwi Nurhatni Mustika Insani SH terungkap, semula terdakwa membuka biro jasa pajak kendaraan di Jalan Tentara Pelajar di wilayah Bumijo Jetis Kota Yogyakarta. Trdakwa menerima jasa bayar pajak maupun balik nama dan mutasi kendaraan.

Selama kurun waktu Desember 2016 sampai Mei 2017 terdakwa didatangi beberapa konsumen yakni saksi korban Wiratmo Hardanto meminta jasanya mengurus balik nama pajak kendaraan. Dari kesepakatan saksi korban telah menyerahkan uang sekitar Rp 3,7 juta.

Untuk meyakinkan konsumen terdakwa berjanji pajak maupun balik nama akan selesai dalam waktu 1 sampai 2 bulan. Hal itu membuat saksi korban percaya dan kembali meminta bantuan mutasi kendaraan Jakarta ke Yogyakarta dan menyerahkan uang Rp 3,4 juta.

Di lain waktu seorang konsumen lain yakni Hidayat juga meminta jasa bayar pajak kendaraan mobil dan telah membayar Rp 2 juta. Dengan saksi korban Hidayat terdakwa juga menjanjikan 1 sampai 2 bulan selesai.

Tetapi dalam praktiknya, terdakwa tak pernah mengurus dan membayar pajak kendaraan. Uang yang telah diterima justru digunakan untuk kepentingan pribadinya. Dari perbuatan itu terdakwa dijerat dengan pasal 378 KUHP dan 372 KUHP. (C-5)

Read previous post:
Aksi Kompol Heru Muslimin saat menolong korban kecelakaan
VIRAL DI MEDSOS – Aksi Heroik Kompol Heru Tolong Korban

AKSI heroik polisi di Sleman membantu korban laka lantas viral di media sosial (medsos). Polisi yang diketahui sebagai Wakapolres Sleman,

Close